Moms sedang menyusui? Pada saat menyusui, Moms tentu disarankan untuk banyak mengonsumsi buah. Tak bisa disangkal bahwa buah-buahan kaya banyak mengandung vitamin, mineral penting dan nutrisi lainnya. Kandungan nutrisi buah ini bukan hanya bagus untuk stamina dan kesehatan Moms setelah melahirkan, juga saat Moms memberikan ASI bagi si Kecil. 

Nah, berkenaan dengan hari buah internasional yang diperingati setiap 1 Juli, enggak ada salahnya kalau kali ini kita membahas soal buah ya, Moms. 

Seperti yang Moms ketahui, buah memberikan manfaat yang tidak kalah besarnya bagi bayi Kecil Moms. Kesehatan dan tumbuh kembangnya bisa sangat terbantu dengan asupan vitamin dan mineral melalui ASI yang Moms berikan. 

Namun, saat menyusui ini ada beberapa buah yang perlu Moms hindarkan. Bukan karena efeknya terhadap kesehatan Moms. Tapi, beberapa buah ini bisa memberikan reaksi tertentu terhadap kesehatan si Kecil. Buah apa saja yang sebaiknya dihindari selama menyusui?

Buah dengan rasa asam

Jeruk merupakan buah favorit yang mengalirkan rasa asam yang menyegarkan. Kandungan vitamin C-nya juga luar biasa. Sewaktu Moms sedang hamil, bisa dikatakan buah jeruk bisa dikatakan menjadi buah paling yang sering mendampingin Moms saat makan. Terutama, di saat Moms merasakan mual atau menekan rasa besi yang terkadang mengganggu selera Moms makan. 

Namun, sebagai ibu menyusui, Moms perlu memantau kemungkinan konsumsi jeruk dapat  memengaruhi pencernaan si Kecil melalui ASI Moms. Buah jeruk dapat mengiritasi perut bayi karena komponen asamnya. 

Sewaktu baru dilahirkan, bayi kecil ini belum memiliki saluran pencernaan ‘sempurna’. Salah satu di antaranya para bayi Kecil belum  dapat menangani komponen asam ini yang mungkin mengalir melalui ASI ibunya. Akibatnya si Kecil Moms ini dapat menjadi lebih rewel. Ia pun mengalami gumoh lebih sering.  Terkadang, bayi kecil yang sensitif juga mengalami ruam popok akibat kandungan jeruk dalam ASI. 

Rasa asam yang perlu Moms cermati untuk reaksinya kepada si bayi menyusu ASI ini bukan hanya dari buah jeruk. Moms juga perlu memantau reaksinya jika makan buah asam lainnya, seperti anggur, kiwi, lemon atau stroberi.

Buah ceri dan plum

Selain buah jeruk, Moms perlu juga memerhatikan reaksinya kepada si Kecil saat mengonsumsi ceri, plum, atau keluarga beri, seperti blackberry atau blueberry. Ceri dan plum  terkadang dapat menimbulkan masalah gas untuk si Kecil. Bayi Kecil ini jadi bisa kembung. Padahal, kebanyakan bayi yang baru lahir tanpa dipicu apapun sering menderita kembung. Hal ini karena sistem pencernaannya yang baru berkembang.

Jagung

Adalah umum bagi beberapa bayi dan balita untuk alergi terhadap jagung. Alergi ini dapat menyebabkan ruam dan ketidaknyamanan pada bayi. Jadi, Moms yang menyusui perlu segera menghentikan  konsumsi  jagung jika mendapati reaksi alergi pada bayi Moms.

Durian

Buah ini memiliki bau tajam menusuk. Banyak orang yang menyukai, banyak orang yang membenci baunya. Tapi,  sesungguhnya buah durian sangat tinggi energi dan kaya akan mineral seperti kalsium, zat besi dan mangan yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ASI.

Jadi apakah boleh dimakan ibu yang menyusui? Jawabannya: boleh, tapi jangan kebanyakan. Hal ini karena buah ini dapat menyebabkan panas dalam tubuh, sehingga akhirnya dapat menyebabkan Moms sembelit. Nah, jadi repot untuk urusan buang air besar. 

Jika melihat daftar di atas, hanya sedikit buah yang perlu Moms hindari selama menyusui ASI. Penghindaran itu pun sebenarnya bukan bermakna larangan. Moms masih boleh memakannya. Bagaimana pun buah-buahan merupakan sumber yang kaya nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu menyusui dan bayinya. Jadi jangan ragu untuk menambahkan berbagai macam buah-buahan dalam konsumsi makanan Moms sehari-hari sewaktu menyusui. 

Untuk buah yang memang diperkirakan memberi efek tertentu bagi si kecil memang sebaiknya Moms batasi jumlah konsumsinya. Jika ingin jeruk misalnya, cukup satu buah saja. Atau masih mendambakan buah kaya vitamin C lainnya? Moms bisa mengonsumsi buah, seperti pepaya, nanas madu dan mangga. Buah ini kayak vitamin C dengan rasa asam lebih rendah. 

Namun, bila Moms melihat reaksi negatif seperti ruam, bengkak, dan gumoh berlebih pada si Kecil setelah Moms mengonsumsi  buah tertentu, inilah mungkin pertanda harus menghindari buah itu selama menyusui. Toh ini hanya bersifat sementara saja. Moms tidak akan selamanya menyusui si Kecil, bukan?

^IK