Halo Moms. Menjadi seorang ibu tidak mudah. Meski berada di rumah setiap hari, bukan berarti kita bisa santai-santai. Ya kan, Moms? 

Seperti yang dialami banyak Moms, mengurus anak, suami serta pekerjaan dalam satu waktu sekaligus, seringkali membuat Moms merasa tertekan dan stres. Apalagi bagi  Moms baru yang harus menyesuaikan jadwal dan kebiasaan sebelum dan sesudah memiliki anak, ditambah perasaan Moms yang jadi lebih sensitif. 

Meski letih dan kurang tidur, Moms tetap harus bangun di malam hari untuk menyusui si Kecil. Karena Moms sadar manfaat ASI untuk si Kecil, seperti menambah kekebalan tubuh si Keci sehingga mengurangi risiko terserang penyakit serta membantu perkembangan fisik dan otak si Kecil. 

Sementara bagi Moms sendiri, menyusui memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Meningkatkan bonding dengan anak.
  2. Mengurangi rasa trauma pasca persalinan.
  3. Mencegah kanker payudara.

Banyak ya Moms manfaatnya. Meski begitu, busui juga perlu ‘me time’. Apa saja sih manfaat ‘me time’ bagi busui? Ini manfaatnya, Moms: 

Nah, ‘me time’ sederhana bisa kita lakukan di rumah lho. Ajak ayah berperan serta dalam menjaga buah hati ya. Jadi Moms bisa tetap sehat. 

Berikut ini ide ‘me time’ yang bisa Moms praktikkan di rumah:

  1. Membersihkan diri 

Sekedar mandi, keramas, luluran juga bisa menjadi ‘me time’ sederhana yang menyegarkan, Moms.  

  1. Membaca buku 

Moms bisa melakukan hal satu ini sambil menyusui si Kecil. Cukup bersandar pada kursi/bantal di kasur, taruh baby di bantal biasa/ bantal menyusui. Satu tangan memegang baby, tangan lainnya bisa memegang buku untuk dibaca. 

  1. Lihat sosmed 

Milenial pasti enggak bisa lepas dari perkembangan sosial media, baik untuk sekadar scroll tip Moms newbie, resep masakan/mpasi, atau pun hal lainnya. Hal ini bisa dilakukan seperti ketika Moms membaca buku. 

  1. Makan makanan yang disukai 

Lagi-lagi peran ayah harus dijalankan ya. Misalnya ketika Moms makan, ayah membantu menjaga si Kecil, atau meminta dibelikan makanan kesukaan saat si ayah pulang kerja. Rasa bahagia akan membuat Moms merasa lebih tenang dan nyaman disaat seluruh jadwal dan suasana hati Moms berubah. 

Dengan mendapatkan hal-hal yang berkesan, maka rasa tertekan akan berkurang. Moms yang bahagia juga akan menghasilkan ASI yang melimpah, dan akan baik juga untuk tumbuh kembang serta perasaan buah hati. Karena si Kecil tahu apa yang Moms rasakan. Jadi sejak awal kehamilan, Moms harus membangun perasaan dengan seluruh anggota keluarga, bahwa hal bahagia tersebut, tidaklah mudah untuk Moms atasi sendirian. Moms butuh support dari ayah, juga keluarga dan lingkungan sekitar.