Jawabannya memang bisa terjadi, Moms. Kondisi itu dinamakan sindrom ASI kurang. Tapi….. itu jarang terjadi. Sindrom  ASI kurang itu hanya terjadi pada 5% pada ibu menyusui. Berarti 95% Moms menyusui lainnya bisa memenuhi kecukupan gizi anaknya melalui ASI. 

Meski kejadiannya hanya sedikit. Tak ada salahnya Moms mengetahui penyebab sindrom ASI kurang agar tidak sampai terjadi kepada Moms dan si Kecil. Atau, jika kondisinya terjadi, Moms segera bisa mengonsultasikan kepada klinik laktasi atau dokter anak untuk memenuhi kecukupan ASI. 

Tanda-tanda ASI kurang

Moms perlu mengenali tanda-tanda si Kecil mengalami sindrom ASI kurang. Di bawah ini beberapa tanda yang menunjukkan gejala yang perlu Moms waspadai. Jika ini terjadi, segera konsultasikan ke klinik laktasi atau dokter anak:  

Penyebab sindrom ASI kurang

Ada beberapa penyebab si Kecil bisa mengalami kekurangan ASI. Penyebab ini bisa jadi dari sisi bayi atau Moms sendiri, yaitu: 

Dari anak sebagai penyebab: 

Dari Moms sebagai penyebab: 

Bisa diatasi

Sindrom ASI kurang bisa diatasi bahkan dicegah jika  tanda-tanda kekurangannya  dapat dikenali secara dini dan penyebabnya diketahui. Malah,  sebagian besar dapat diatasi dengan Moms membetulkan pelekatan bayi pada puting payudara  dan posisi menyusu bayi.

Selain itu Moms, cobalah hindarkan penggunaan dot/ kempeng. Karena ini akan menyebabkan bayi Moms mengalami bingung puting serta menyebabkan pelekatan yang salah. Jika ini terjadi terjadi selain bisa terjadi sindrom ASI kurang, Moms pun bisa merasa kesakitan saat menyusui si Kecil. Rugi banget kan…

^IK