Setelah melahirkan adalah babak baru bagi kehidupan para Moms. Betapa tidak, Moms yang mulai sibuk merawat dan menyusui si Kecil, akan melupakan sejenak sisa tumpukan lemak bergelambir di area perut atau yang lainnya. 

Secara normal, pada saat Moms hamil, kenaikan berat badan yang sehat berkisar antara 8-13 kg. Tetapi setelah melahirkan, Moms hanya kehilangan beberapa kilogram saja. Sebenarnya hal ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Secara alami ibu menyusui umumnya akan membakar sekitar 500 kkal setiap harinya hanya dengan menyusui si Kecil. Tetapi bagi sebagian Moms, diet ‘menyusui’ tidak selalu berhasil. Meski sedang menyusui,  berat badan tak kunjung turun juga. Enggak perlu resah, Moms. coba lakukan tip diet yang aman untuk ibu menyusui ini. 

Makan makanan sehat 

Konsumsilah makanan sehat. Artinya sehat dalam pemilihan jenis makanan dan cara pengolahannya. Moms menyusui tidak disarankan untuk diet secara ekstrim dengan memotong asupan makanan yang banyak atau makan terlalu sedikit. Makanlah dengan porsi cukup dan dengan makanan yang sehat. Cobalah sedikit demi sedikit,  kurangi penggunaan gula dan minyak pada saat memasak. 

Say no to junk food 

Selain nutrisinya yang kurang,  junk food juga memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Memakan sedikit junk food mungkin tidak akan membuat Moms kenyang, tetapi akan menambah kalori harian Moms dengan signifikan. Tetapi jika sesekali ingin sekali makan junk food, usahakan untuk mengonsumsinya dalam batas yang wajar.

Mulailah dengan olahraga ringan 

Ingin diet? Tidak harus selalu harus pergi gym atau ikut kelas zumba. Beberapa Moms setelah melahirkan mungkin akan kesulitan membagi waktu untuk melakukan olahraga. Tetapi cobalah melakukan olahraga ringan dengan durasi waktu singkat. Sebagai contoh mulailah berolahraga dengan rentang waktu 5-10 menit terlebih dahulu setiap harinya. 

Bagaimana Moms? Mudah, kan? Selain ketiga tip di atas Moms, kunci yang harus Moms pegang adalah konsistensi. Ya, konsisten dalam menjalankan program setiap harinya adalah kunci keberhasilan sebuah diet. Dan jangan lupa untuk bersabar melihat hasilnya. Berat badan tidak akan turun puluhan kilo ketika Moms hanya melakukan diet selama satu hari atau satu Minggu. Tidak perlu ngoyo lakukan penurunan badan secara perlahan dan pasti. Selamat mencoba ya Moms.