Sebagai seorang Moms, apalagi yang sedang memberikan ASI kepada anak, penting sekali mengonsumsi makanan pelancar ASI. Sebab, air susu yang diberikan mengandung  nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi. Biasanya ASI diberikan secara eksklusif selama 6 bulan, dan bisa dilanjutkan diberikan ASI hingga 2 tahun. Namun banyak Moms  yang kesulitan memberikan ASI pada anaknya karena ASI yang diproduksi sedikit. Berikut ini adalah jenis makanan untuk memperlancar ASI : 

Pepaya 

Jika ASI tidak lancar, salah satu cara melancarkan ASI kembali adalah dengan mengonsumsi pepaya. Semua yang ada di pohon pepaya dapat dipakai untuk memperbanyak ASI Moms, mulai dari buahnya, bunganya serta daunnya dapat dipakai untuk memperbanyak ASI. Dalam buah atau pun bunga pepaya ada vitamin A, vitamin C, mineral seperti kalsium, asam folat serta enzim papain. Enzim yang ada di pepaya itu berguna untuk membantu proses pencernaan protein. Ketika  menyusui, Moms memerlukan banyak protein dalam menghasilkan ASI. Pepaya juga mempunyai banyak cairan sehingga baik untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam menghasilkan ASI. 

Daun katuk 

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa sejak zaman dahulu daun katuk dipercaya dapat dikonsumsi ibu menyusui agar ASI banyak dan kental. Sayangnya sekarang ini, kehadiran daun ini sulit untuk ditemui sehingga banyak yang tidak dapat mengonsumsi daun katuk. Daun katuk rasanya pahit, dibutuhkan proses masak yang tepat agar daun katuk tak terasa pahit kembali. Tetapi daun katuk memang jadi pantangan makanan  bumil karena rasanya yang pahit. Daun katuk dipakai untuk langkah memperbanyak ASI sebab daun katuk memiliki kandungan banyak protein yang dibutuhkan. 

Sup

Sup merupakan salah satu pelancar  ASI paling ampuh. Tak sembarangan sup yang dapat digunakan untuk memperbanyak ASI. Sup yang dapat digunakan untuk perbanyak ASI yaitu sup daging, ayam serta sup ikan. Kuah di dalam sup dapat dipakai untuk penambah cairan bagi tubuh. Daging ayam, daging ikan serta daging yang lain dapat sebagai penambah protein untuk tubuh ibu yang menyusui. 

Bayam 

Bayam baik sebagai makanan penambah zat besi. Zat besi berguna dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh ibu yang sedang menyusui. Selain zat besi, bayam juga kaya akan vitamin B6. Manfaat dari vitamin B6 yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada bayi. Nutrisi lainnya yang ada pada bayam yaitu vitamin A, C, E, K, protein serta beragam jenis mineral sepeti riboflavin, asam folat, kalsium, magnesium, thiamin, kalium serta fosfor. 

Wortel 

Makanan pelancar ASI berikut ini adalah wortel. Karena di dalam wortel terkandung enzim phytoestrogens yang bermanfaat untuk menghasilkan ASI dalam jumlah yang banyak. Selain itu, wortel mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi. Dengan meminum satu gelas jus wortel sebelum Moms makan siang dapat memproduksi ASI pada sore harinya.