Kontrasepsi merupakan metode untuk mencegah kehamilan. Kontrasepsi dibagi menjadi dua yakni alami dan buatan. Salah satu kontrasepsi alami adalah menyusui atau yang biasa disebut MAL (Metode Amenore Laktasi). Bidan dan sejawatnya menyebutkan bahwa metode kontrasepsi alami tanpa biaya tersebut ternyata memiliki beberapa kelemahan.

Jika Moms ingin menggunakan metode ini, maka perhatikanlah beberapa hal agar tingkat keberhasilan penggunaannya tinggi. 

-MAL atau Metode Amenore Laktasi hanya berhasil dilakukan oleh para ibu yang menyusui bayinya secara eksklusif. Arti kata eksklusif disini adalah menyusui sesering mungkin sesuai keinginan dan kebutuhan bayi. Semakin sering bayi menyusu, maka hormon prolaktin akan terus diproduksi. Hormon tersebut mampu menekan hormon-hormon kesuburan seperti FSH (follicle Stimulating Hormone), LH (Luitenizing Hormone), dan estrogen. Akibatnya, ketika hormon-hormon ini ditekan, maka kesuburan Moms pun menjadi rendah. ASI Eksklusif diberikan hingga bayi berusia 6 bulan. 

-Menyusui sebagai kontrasepsi alami hanya dapat dilakukan ketika bayi berusia di bawah 6 bulan. Mengapa tidak menjadi efektif lagi ketika bayi telah berusia di atas 6 bulan? Hal itu disebabkan karena frekuensi menyusui yang semakin berkurang. Bayi di atas 6 bulan umumnya telah mendapatkan makanan pendamping ASI. Dengan berkurangnya frekuensi menyusui, maka hormon prolaktin yang diproduksi pun berkurang. Dengan demikian, hormon-hormon kesuburan menjadi tidak dapat ditekan.

 -Menstruasi pascamelahirkan. Ketika Moms telah mengalami menstruasi pasca melahirkan, artinya keadaan hormon telah kembali seimbang. Progesteron dan estrogen mengikuti siklusnya masing-masing dan kesuburan pun dapat terjadi kapan saja. Ketika Moms telah mengalami menstruasi, maka sebaiknya tidak lagi menggunakan metode ini sebagai metode kontrasepsi. 

Khusus bagi Moms bekerja, tidak perlu khawatir. Moms tetap dapat memilih kontrasepsi ini dengan syarat melakukan pemerahan ASI setiap 4 jam. Walaupun demikian, tentu saja efektivitasnya tidak akan sebaik ketika bayi mengisap langsung ke puting Moms. 

Ketika Moms memilih menggunakan metode kontrasepsi alami, sebaiknya lakukan dengan cermat  dan hati-hati. Yang perlu Moms pahami, Moms tidak dapat menyamakan tingkat keberhasilan tiap individu, karena banyak faktor yang memengaruhi. Bisa saja metode ini efektif pada rekan Moms, namun tidak pada Moms.