Menyusui memiliki banyak manfaat, baik  bagi bayi maupun Moms. Kekuatan super yang terkandung di dalamnya, menjadikan ASI makanan terbaik untuk bayi.

Moms tentunya sudah tahu bahwa ASI adalah sumber nutrisi utama untuk bayi, terutama sejak 6 bulan pertama kehidupannya. Hal ini bukan tanpa alasan, lho Moms. Sejumlah penelitian menemukan bukti tentang kekuatan ASI yang mumpuni. Bahkan beberapa di antaranya jarang terungkap. Apa saja, kekuatan super dari menyusui? Yuk, simak penjelasannya.

Sembuhkan luka dan infeksi

Jika muncul rasa malas menyusui, Moms dapat semangat kembali untuk memberikan ASI setelah membaca kegunaan ASI yang luar biasa pada penelitian yang dilakukan para ahli. Penelitian yang dimuat di jurnal Mucosal Immunology mengungkapkan sebuah ‘kolam’ bio molekul yang terdapat di dalam ASI dapat menyembuhkan infeksi, mengurangi rasa sakit dan meredakan pembengkakan akibat radang. Karena memiliki khasiat menyembuhkan inilah maka menyusui adalah cara seorang Moms menyalurkan bio molekul yang mampu membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih matang pada anak-anak.

Perlindungan terhadap bakteri

Menyusui kemungkinan memberikan perlindungan terhadap bakteri yang kebal antibiotik. Peneliti menemukan bahwa bayi yang disusui selama setidaknya enam bulan pertama kehidupannya, memiliki junlah bakteri resisten yang lebih kecil dalam saluran pencernaannya daripada bayi yang disusui dalam jangka waktu yang lebih pendek atau tidak sama sekali.

Kurangi stres pada bayi

Tidak hanya orang dewasa, bayi juga bisa mengalami stres. Penelitian menemukan bahwa ada kaitan antara stres dengan menyusui. “Menyusui dikaitkan dengan penurunan metilasi DNA dan penurunan reaktivitas kortisol pada bayi. Dengan kata lain, ada perubahan epigenetic pada bayi yang disusui, sehingga mengurangi stress dibandingkan yang tidak disusui,” jelas Barry M. Lester, PhD, yang menjadi kepala penelitian.

Kurangi risiko stroke pada Moms

Bagi Moms yang masih menyusui eksklusif, pertahankan semangatnya ya Moms. Karena penelitian menyebutkan Moms yang menyusui memiliki risiko yang lebih rendah terkena stroke dibandingkan yang tidak menyusui.

Risiko kardiovaskular lebih rendah

Para peneliti di American College of Cardiology telah menemukan bahwa Moms yang menyusui bayi mereka selama setidaknya enam bulan dapat mengambil manfaat dari kesehatan jantung yang lebih baik bertahun-tahun kemudian dibandingkan dengan para Moms yang tidak pernah menyusui bayi mereka.

Cegah diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menakutkan. Diabetes komplikasi merupakan penyebab kematian tertinggi ketiga setelah stroke dan jantung koroner. Nah, menyusui ada kaitannya dengan risiko diabetes pada Moms yang jauh lebih rendah. Penelitian menemukan, menyusui selama enam bulan atau lebih memotong risiko terkena diabetes tipe 2 hampir setengahnya untuk wanita selama masa subur mereka.

Jantung lebih sehat

Menyusui juga dikaitkan dengan kesehatan jantung lebih baik pada Moms. Setelah menyesuaikan faktor usia, indeks massa tubuh, dan status sosial ekonomi, peneliti menemukan bahwa wanita dengan tekanan darah normal selama kehamilan dan yang menyusui selama enam bulan atau lebih, memiliki penanda kesehatan jantung yang lebih baik.  Termasuk kadar kolesterol ‘baik’ (HDL) yang tinggi, trigliserida yang lebih rendah dan ketebalan arteri karotis yang lebih sehat,  dibandingkan dengan mereka yang belum pernah menyusui.

Nah, dengan begitu banyaknya khasiat menyusui, tentunya tidak ada lagi keraguan di hati Moms untuk memberikan ASI eksklusif selama pada si Kecil. Semangat ya, Moms.