ASI (Air Susu Ibu) adalah makanan terbaik bagi bayi. Dengan menyusui si Kecil, juga memberikan manfaat yang tak kalah besar bagi Moms. Manfaat pemberian ASI akan semakin optimal bila bayi hanya mendapatkan ASI ekslusif setidaknya selama 6 bulan pertama kehidupannya.

Manfaat Menyusui bagi Moms dan si Kecil

Salah satu kunci sukses untuk membangun keberhasilan ASI ekslusif adalah Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Dari hasil studi Cochrane, Moms yang melakukan IMD dilaporkan dapat menyusui bayinya lebih lama daripada Moms yang tidak melakukan IMD. Program keberhasilan ASI eksklusif lebih banyak tercapai pada kelompok Moms yang melakukan IMD dengan memiliki angka efektivitas menyusui yang lebih tinggi.

Lantas, apalagi manfaat IMD dan bagaimana melakukannya? Simak di bawah ini 

Penting untuk ibu dan anak 

IMD ini melibatkan perawatan skin-to-skin contact (kontak kulit ke kulit) yang dilakukan sesegera mungkin begitu Moms usai tersadar dari proses melahirkan. Selain, membantu menyukseskan program ASI ekslusif, IMD juga memberikan manfaat berikut ini: 

Bagi Moms:

Sentuhan, kuluman, dan jilatan bayi pada puting ibu akan merangsang keluarnya oksitosin.  Hormon oksitosin alami diproduksi oleh kelenjar ptuitari yang ada di otak. Salah satu fungsi hormon bagi proses melahirkan adalah  menyebabkan  rahim berkontraksi yang akan membantu Moms mengeluarkan tuntas plasenta dan mengurangi perdarahan ibu.

Bagi si Kecil: 

  1. IMD membantu si Kecil agar tetap merasa hangat setelah keluar dari rahim Moms. Dada Moms menghangatkan bayi dengan tepat. Kulit Moms akan menyesuaikan suhunya dengan kebutuhan bayi. Kehangatan saat menyusu menurunkan risiko kematian karena hipotermia (kedinginan).
  2. Bila Moms merasa tenang dengan keberadaannya, begitu pula si Kecil. Ketenangan ini akan membantu pernapasan dan detak jantung bayi lebih stabil. Dengan demikian, ia menjadi tidak rewel.
  3. IMD lebih mempertinggi kemungkinan si Kecil mendapatkan manfaat kolostrum, yaitu cairan berwarna kekuningan yang lebih kental dari ASI. Kolostrum ini nutrisi super bagi bayi, karena: 

Merangsang pengaliran ASI dari payudara, sehingga ASI dapat lebih cepat keluar dan si Kecil pun tidak kekurangan nutrisi. 

Semakin cepat, semakin bermanfaat

IMD ini sudah menjadi program pemerintah Indonesia (dalam hal ini Kemenkes RI). Program ini juga mendukung kebijakan WHO dan UNICEF yang merekomendasikan IMD sebagai tindakan ‘penyelamatan kehidupan’. Ternyata, dengan IMD dapat menyelamatkan 22 persen dari bayi yang meninggal sebelum usia satu bulan.

Jadi, bila bagi Moms yang sedang menanti kelahiran si Kecil, pastikan mendapatkan IMD ini untuk Moms dan si Kecil. Penasaran seperti apa IMD ? ini penjelasannya: 

  1. Karena bau cairan amnion (air ketuban) pada tangan bayi akan membantunya mencari puting Moms  yang mempunyai bau yang sama. Sehingga, jarang heran pula jika dada Moms tidak dibersihkan saat bayi diletakkan. Ini merupakan cara agar si Kecil bisa mencium bau Moms. 
  2. Mengeringkan tubuh bayi tidak perlu sampai menghilangkan verniks karena verniks dapat berfungsi sebagai penahan panas pada bayi.