Konsumsi jenis-jenis makanan berikut untuk membantu tingkatkan produksi ASI. 

Produksi ASI yang minim adalah kendala yang cukup sering dialami oleh para ibu menyusui. Salah satu cara mengatasinya adalah memperbaiki pola makan agar sesuai dengan kebutuhan kalori selama menyusui, serta mengonsumsi jenis-jenis makanan yang mampu menambah produksi ASI atau dikenal pula dengan nama lactogenic foods / galactagogues. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung fitoestrogen yang turut berperan dalam produksi ASI. Jenis sayuran yang banyak dianjurkan untuk menambah produksi ASI adalah daun katuk, karena kandungan polifenol yang mampu meningkatkan kadar hormon prolaktin, hormon penghasil ASI. 

Buah-buahan 

Aneka jenis buah mampu mendukung produksi ASI karena banyak mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang berperan penting untuk memelihara kesehatan ibu selama menyusui. Untuk memperbanyak produksi ASI, pilih jenis buah yang banyak mengandung air seperti semangka, pepaya, jeruk, dan pir. 

Oatmeal

Oatmeal adalah makanan penambah ASI yang populer di negara Barat karena merupakan salah satu jenis comfort food yang bisa menghadirkan efek menenangkan. Perasaan rileks setelah mengonsumsi oatmeal yang kaya akan karbohidrat kompleks dan zat besi, bisa memicu pelepasan hormon oksitosin yang mendorong let down reflex—reflek mengeluarkan ASI. 

Sup daging / ayam

Sup daging atau sup ayam juga merupakan salah satu jenis comfort food yang bisa menghadirkan efek relaksasi setelah dikonsumsi. Kelebihan lainnya, sup daging / ayam juga kaya protein dan cairan yang baik untuk menambah produksi ASI. Lengkapi sup dengan aneka sayuran seperti wortel dan buncis untuk melengkapi khasiatnya.