Pasti Moms sudah tahu banyak tentang manfaat ASI untuk si Kecil. American Academy of Pediatrics (AAP) dan American College of Obstetricians and Gynecologist sangat merekomendasikan pemberian ASI eksklusif untuk bayi selama enam bulan pertama. ASI menyediakan nutrisi yang ideal untuk si Kecil, sekaligus mempercepat pembakaran kalori Moms setelah melahirkan.

Turunkan risiko penyakit 

Nah, selain memiliki banyak manfaat untuk anak, ASI juga bermanfaat untuk Moms sendiri, lho. Menyusui menurunkan risiko kanker payudara, rahim, osteoporosis, penyakit kardiovaskular, dan obesitas. Selain itu, banyak Moms yang merasakan kepuasan dan kegembiraan dari koneksi emosional dan batin dalam aktivitas menyusui.

Perasaan ini ditambah dengan pelepasan hormon, seperti prolaktin dan oksitosin. Prolaktin menghasilkan sensasi damai dan pengasuhan yang memungkinkan Moms untuk relaks dan fokus pada si Kecil, sementara oksitosin berperan dalam peningkatan rasa cinta dan keterikatan yang kuat antara Moms dan Si Kecil.

Manfaat menyusui 

Selain menurunkan risiko penyakit, ada banyak alasan lainnya mengapa menyusui baik untuk Moms. Berikut beberapa di antaranya: 

  1. Moms yang menyusui pulih dari persalinan lebih cepat dan mudah. Hormon oksitosin yang dilepaskan selama menyusui bertindak untuk mengembalikan rahim ke ukuran normal lebih cepat dan dapat mengurangi pendarahan setelah melahirkan.
  2. Studi menunjukkan bahwa Moms yang memilih untuk menyusui si Kecil juga mengalami penurunan risiko kanker payudara dan ovarium di kemudian hari
  3. Beberapa penelitian menemukan juga bahwa menyusui dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, rheumatoid arthritis, dan penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi, dan kolesterol.
  4. ASI eksklusif dapat bertindak sebagai kontrasepsi alami jika menstruasi Moms belum kembali. Pemberian ASI eksklusif menunda kembalinya siklus menstruasi Moms, sehingga memperpanjang rentang waktu ke kehamilan berikutnya.
  5. ASI lebih efektif dan efisien menjelang si Kecil tidur atau menyusui di malam hari saat ia terbangun, dibanding menyiapkan susu formula
  6. ASI lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan wadah plastik dan kemasan.

Rumus ABC

Dikutip dari webmd.com, ada rumus ABC agar Moms dapat memberikan ASI dengan maksimal, yaitu Awareness, Be patient, dan Comfort. Awareness berarti memerhatikan tanda-tanda lapar si Kecil, Moms. Ini disebut juga menyusui “sesuai permintaan.” 

Beberapa minggu pertama, Si Kecil mungkin akan menyusui 8 – 12 kali selama 24 jam. Ketika si Kecil lapar ia akan menggerakkan tangan ke mulut, mengeluarkan suara mengisap atau gerakan mulut seperti mengisap, atau bergerak ke arah payudara Moms. Sebaiknya Moms tidak menunggu hingga ia menangis karena itu menandakan bahwa ia sudah sangat lapar.

Rumus B atau Be patient, artinya bersabar menunggu si Kecil menyusu untuk berpindah ke payudara satunya. Bayi biasanya menyusui selama 10 hingga 20 menit pada tiap payudara. Kunci ketiga, C atau Comfort adalah kenyamanan Moms saat menyusui si Kecil. Cobalah untuk santai dan membuat diri Moms nyaman, misalnya menggunakan bantal untuk menopang lengan, kepala, leher, atau pijakan kaki selama menyusui. Bila perlu Moms bisa mendengarkan lagu-lagu lembut yang bikin Moms relaks.