Menyusui merupakan salah satu cara pemenuhan nutrisi pada bayi yang baru lahir. Memberikan ASI eksklusif, yakni hanya ASI selama enam bulan tanpa makanan atau minuman  lain, dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi yang akan bertahan hingga dewasa, serta membantu perkembangan tubuh dan otaknya. Luar biasa kan, Moms! Bukan untuk si Kecil saja, ternyata proses menyusui juga mempunyai banyak manfaat baik untuk Moms, yaitu : 

Mencegah Risiko Perdarahan 

Inisiasi Menyusu Dini (IMD) atau menyusui bayi segera setelah lahir, mencegah terjadinya perdarahan, karena bisa mempercepat pengecilan rahim oleh aktivitas hormon oksitosin yang meningkat. Tak hanya itu, hal ini juga dapat membantu mempercepat proses kembalinya rahim ke posisi semula serta mencegah anemia.

Mendekatkan Hubungan Batin Ibu dan Bayi 

Menyusui juga merupakan ungkapan kasih sayang yang nyata dari Moms kepada sang buah hati. Bayi bisa mendengarkan detak jantung Moms, merasakan kehangatan dan dekapan Moms. 

Menjaga Kesehatan Jantung 

Menyusui bermanfaat bagi kesehatan jantung Moms, seperti penurunan hipertensi sebesar 11 persen, penurunan lemak dalam darah sebesar 19 persen, dan pengurangan risiko penyakit jantung secara keseluruhan sebesar 10 persen. 

Mengurangi Berat Badan 

Bila Moms merasa berat badan membengkak selama hamil, jangan malas untuk menyusu karena dapat membantu Moms dalam mengurangi berat badan. Perlu Moms ketahui, menyusui akan membakar kalori sebesar 200-500 kalori per hari. Ini setara dengan berenang selama beberapa jam atau naik sepeda selama satu jam.

Mengurangi Risiko Kanker Payudara dan Kanker Rahim 

Diperkirakan menyusui dapat mengurangi risiko kanker payudara sebesar 20 persen. Beberapa laporan juga menyebutkan bahwa menyusui juga dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker indung telur dan rahim. 

Praktis dan Ekonomis

Selain komposisinya yang sempurna, ASI sangat ekonomis dibanding membeli susu formula yang harganya cukup tinggi. Selain itu, ASI sangat praktis sebab tersimpan di tempat yang paling aman dan tak akan membuatnya basi, yakni di payudara Moms 

Alat Kontrasepsi Alami 

Pemberian ASI eksklusif pada bayi dapat berfungsi pula sebagai alat kontrasepsi. Walaupun ini hanya berlaku selama 4 bulan setelah melahirkan. Mengapa bisa? Isapan bayi saat menyusui bisa merangsang hormon prolaktin yang dapat menghambat terjadinya pematangan sel telur.