Setelah menjadi seorang ibu, banyak hal yang membuat waktu Moms berkurang. Tak mengherankan kalau Moms tidak memiliki waktu untuk sekadar merawat diri atau bersenang-senang sendiri. Padahal, ‘me time’ untuk ibu sangat penting untuk dilakukan agar tetap merasa ‘waras’ dan tidak stres menjalani rutinitas rumah tangga yang padat. 

Me time sendiri memiliki berbagai manfaat. Menurut sebuah penelitian dari Washington University, St. Louis, Amerika Serikat, ‘me time’ membuat seseorang lebih kreatif. Selain itu, ‘me time’ dapat membuat pikiran menjadi lebih jernih, menurunkan tingkat stres, bahkan bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian dari European Heart Journal, seseorang yang memiliki perasaan bahagia akan menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22% . 

Ada pun tanda-tanda seorang ibu butuh ‘me time’ menurut psikolog ayank Irma : 

- Intensitas kemarahan sering 

- Mudah tersinggung dengan perkataan suami 

- Penurunan produktivitas seperti menurunnya nafsu makan dan kualitas tidur. 

Untuk melakukan ‘me time’ tidak harus mengeluarkan biaya mahal, berikut ini me time murah meriah untuk ibu menyusui ala saya : 

Mandi air hangat 

Mintalah suami atau orangtua untuk menjaga bayi sebentar. Mandi air hangat bisa membuat relaks tubuh yang tegang serta membuat aliran ASI lancar. Perasaan pun akan semakin tenang setelah mandi air hangat . Tambahkan sedikit garam khusus mandi untuk menambah sensasi.

Nonton drama Korea

Setelah punya bayi kebiasaan nonton bioskop memang agak susah, terlebih bayi masih di bawah usia 12 bulan.  Jadi alternatifnya nonton drama Korea,  memanjakan mata melihat  para pria tampan. 

Pesan makanan online 

Sebagai Ibu menyusui yang rasa lapar tidak berjarak, memang paling tepat pesan makanan online untuk mengganjal rasa lapar,  terlebih lagi menghemat tenaga apalagi jika bayi semalaman mengajak begadang.  Oh ya,  makan makanan favorit juga salah satu booster ASI lho, Moms .

Lakukan perawatan tubuh 

Sekarang zaman sudah canggih banyak home service atau layanan yang dapat datang ke rumah. Saya pakai jasa home care bidan untuk menghilangkan rasa pegal pascanifas sekaligus pijat bayi. Saya melakukan pijat ini sejak Alicia berusia 2 bulan. Biasanya saat booking akan ditanya apakah jamnya bayi baru bangun atau mau tidur. Kalau saya biasanya mengambil jam si bayi mau tidur,  he..he.... 

Belanja online 

Setelah punya anak,  hobi baru saya yaitu belanja online. Biasanya saya belanja pada dini hari, saat pumping, untuk  mengalihkan perhatian dari rasa takut. Entah kenapa,  tiap malam tuh suka ada aja yang ke check out dari printilan bayi, diapers bahkan pernah sekali entah karena ngantuk atau apa,  order hijab hingga selusin. Kalau Pumping sambil belanja bisa LDR (Let Down Reflek) berkali-kali saking mood bagusnya. 

Itulah beberapa ‘me time’ murah meriah untuk ibu menyusui ala saya. Cuma poin kelima aja harap diperhatikan,karena kalau tidak, bisa bikin bobol keuangan keluarga karena banyak diskon yang menggiurkan.