ASI perah memang bisa disimpan, baik di suhu ruang, cooler bag ASI, lemari es atau freezer. Tetapi, Moms harus mengikuti petunjuk penyimpanannya agar ASI tidak rusak, sehingga membahayakan si Kecil.

Bila ASI Moms itu disimpan di dalam lemari es atau freezer, maka Moms juga perlu mengikuti panduan untuk mencairkan dan menghangatkan susu. Bayi Moms tentunya tidak bisa dan seringkali juga tidak meminum ASI yang dingin. 

Coba Moms ikuti pedoman mencairkan, menghangatkan ASI dan memberikan ASI yang disimpan di bawah ini. 

Cara mencairkan ASI

ASI yang disimpan di dalam freezer perlu dicairkan hingga mendekati suhu kamar agar si Kecil bisa mengonsumsinya. Berhati-hatilah saat mencairkan ASI ini  untuk memastikannya aman digunakan bagi bayi Moms. Ini beberapa petunjuk yang perlu Moms ikuti: 

Cara menghangatkan ASI yang disimpan

Bayi yang sehat dan cukup bulan umumnya dapat minum ASI dengan  suhu kamar atau dihangatkan sesuai suhu tubuh. 

Untuk menghangatkan ASI, berikut caranya: 

ASI disimpan berubah bau dan warna?

Moms mungkin memerhatikan bahwa ASI yang didinginkan atau dicairkan terkadang berbau berbeda. Itu bukan ASI-nya.  Ini karena enzim yang disebut lipase memecah lemak dan melepaskan asam lemak,  sebuah proses yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.

Sepanjang Moms telah mengikuti petunjuk yang benar dan aman dalam penyimpanannya, ASI tetap boleh digunakan. Apalagi jika si Kecil tetap mau meminumnya.

Moms, saat memberikan ASI yang disimpan kepada si Kecil, coba putar botol dengan lembut. Ini untuk menyatukan lapisan lemak (krim) yang terpisah. Jangan mengocok atau mengaduk ya Moms… karena pengadukan atau pengocokan yang kuat dapat merusak beberapa komponen nutrisi dan pelindung susu

Saat si Kecil menyusu ASI dari cangkir atau botol, bakteri dari mulutnya secara alami dapat masuk ke dalam ASI. Jadi,  buanglah sisa susu yang diminum sebagian dalam waktu satu hingga dua jam dari pemberian makan awalnya. Makanya untuk menghindari ASI  jadi terbuang sia-sia, coba Moms bagi penyimpanan ini  dalam jumlah kecil, sesuai takaran biasanya bayi Moms mengonsumsi. 

^IK