Menyusui adalah sebuah proses yang lebih dalam ketimbang hanya memenuhi kebutuhan gizi si Kecil. Ada banyak manfaat dari proses menyusui, baik dari segi kesehatan maupun tentang manfaat kedekatan batin antara Moms dan anak. Banyak hal yang menakjubkan dari proses produksi ASI hingga pemberiannya kepada anak. Contohnya saja, apakah Moms tahu bahwa menyusui akan mengurangi risiko terjadinya kanker payudara? Atau tentang mekanisme penyusunan komposisi ASI yang diproduksi oleh tubuh itu dibuat persis sesuai kebutuhan bayi yang sedang mengisapnya? Sangat mengesankan, bukan? Nah, tapi proses menyusui itu tidak selalu lancar dan menyenangkan. Untuk dapat menyusui dengan lancar, Moms butuh dukungan dari orang sekitar, dan tentu saja peralatan yang memadai. Mau tahu apa saja peralatan ‘tempur’ yang wajib dimiliki Moms yang sedang menyusui? Yuk, disimak bersama. 

Pakaian Menyusui 

Pakaian menyusui yang nyaman dapat memudahkan proses memberikan ASI sehingga menghindarkan Moms dari kemungkinan tangisan bayi yang frustasi karena lapar. Sediakan beberapa lembar pakaian rumah dan pakaian pergi yang memiliki akses bukaan payudara yang cukup lebar dan mudah dibuka. Sudah banyak lho, Moms, brand pakaian menyusui yang bentuknya lucu-lucu dan trendy. 

Apron Menyusui 

Apron menyusui adalah peralatan selanjutnya yang harus dimiliki oleh para Moms yang sering berpergian ke tempat umum. Pilihlah bahan yang adem dan memiliki lobang udara agar bayi tidak sesak dan Moms bisa memantau wajah si Kecil untuk memastikan jalur napasnya aman. 

Gendongan dengan Fitur Perfect Fits Adjuster (PFA) 

Bagi para Moms yang senang menggendong bayinya dan sering berpergian, memilih gendongan yang tepat akan membuat proses menyusui saat di jalan menjadi lebih mudah. Pilihlah gendongan yang memiliki fitur PFA agar Moms tetap bisa menyusui si Kecil sambil tetap menggendongnya. Fitur PFA ini biasanya dimiliki gendongan tipe Soft Structured Carrier (SSC). Jangan khawatir soal harga, Moms. Sudah banyak merek gendongan SSC lokal yang oke dengan harga terjangkau.  

Pompa Silikon 

Saat sedang menyusui di salah satu payudara, ASI dari payudara sebelah biasanya ikut merembes. Fenomena yang disebut sebagai Let Down Reflex ini seringkali membuat ASI terbuang. Nah, sayang kan, Moms. Supaya tidak terbuang, Moms bisa menggunakan pompa silikon yang ditempelkan ke payudara satunya ketika payudara sebelahnya sedang disusui atau dipompa. Pompa silikon ini tidak perlu dipegang karena corongnya bisa menempel sendiri di area areola. Jadi dia fungsinya berbeda dengan pompa ASI biasa yang bisa memeras, pompa silikon ini hanya berfungsi menampung. 

Jadi, sudah punya yang mana saja, Moms? Yuk, dilengkapi.