Menjadi Moms merupakan suatu keistimewaan tersendiri, di samping  pola hidup dan tantangan baru. Menghadapi tantangan dan pola hidup baru tidak selalu mulus tanpa masalah. Banyak dari Moms yang baru melahirkan justru memiliki banyak masalah, seperti permasalahan merawat bayi hingga menyusui. 

Salah satu permasalahan yang paling sering dijumpai adalah masalah ASI. Banyak yang berpikir bahwa ASI adalah urusan Moms seorang. Tetapi sebenarnya,  selain Moms, Dads pun menjadi alasan terbesar kedua untuk keberhasilan proses menyusui ini. Peran Dads sangat penting untuk meluluskan ASI eksklusif hingga wajib ASI 2 tahun. Lantas, apa peran Dads untuk membantu Moms mendapatkan ASI yang berlimpah dan berkualitas? Yuk simak tipnya: 

Beri dukungan 

Orang terdekat Moms saat ini adalah Dads. Berikan dukungan dan kalimat positif kepada Moms, saat Moms bahagia maupun saat Moms stres. Hindari mengucapkan kalimat yang mengarah pada "ASI Shaming." Percayalah,  kata-kata seperti "Yah,  ASI-mu seret, udahlah pakai Sufor saja,” itu akan membuat Moms menjadi tertekan dan merasa sedih. Alih-alih membuat ASI  lancar,  malah sebaliknya, menjadi seret,  karena Moms merasa sedih. 

Cukupi kebutuhan nutrisi 

Kebutuhan nutrisi untuk Moms menyusui sebanyak 500 kkal lebih banyak dari kebutuhan Moms yang tidak sedang menyusui. Mencukupi kebutuhan nutrisi akan membantu untuk menjaga produksi ASI lancar dan berkualitas. 

Membantu merawat bayi 

Bantuan-bantuan kecil seperti membantu mengganti popok hingga ikut terjaga sepanjang malam akan membuat Moms merasa lebih diperhatikan. Selain itu juga membantu meningkatkan bonding antara ayah dan bayi. 

Berikan pijatan cinta 

Usap dan pijatlah tubuh Moms ketika si Kecil terlelap. Melakukan pijatan ini bisa dilakukan berdua dengan cara memijat di bagian tengkuk hingga punggung Moms. Memijat bagian ini mampu meningkatkan hormon oksitosin dan prolaktin yang berperan penting dalam produksi ASI. Selain meningkatkan produksi ASI, pijatan juga membantu Moms lebih relaks  dan melancarkan sirkulasi darah.  

Bagaimana? Mudah bukan? Melakukan hal-hal kecil seperti di atas bisa membantu memperlancar ASI, lho. Yuk, dicoba.