Setiap Ibu menginginkan ASI yang berlimpah agar bisa memenuhi semua kebutuhan harian si Kecil.  Rasa khawatir akan ASI kurang biasa dialami ibu yang baru melahirkan,  terlebih jika ASI tidak langsung keluar. Sebelum mengetahui cara memperbanyak ASI secara alami, sebaiknya Moms juga perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab jumlah produksi ASI yang sedikit. 

Menurut Elizabeth LaFleur, konsultan laktasi di Mayo Clinic, ada berbagai faktor yang menyebabkan produksi ASI kurang selama menyusui, yaitu  menunda-nunda menyusui,  

tidak sering menyusui, mengonsumsi  obat-obatan tertentu, ibu yang obesitas, tekanan darah tinggi saat hamil dan diabetes. Selain itu, stres, kecemasan, bahkan rasa malu juga dapat memengaruhi persediaan ASI lho, Moms. 

Jika kondisi ini yang Moms alami, tidak perlu khawatir. Moms masih bisa memperbanyak ASI melalui cara alami berikut ini: 

Percaya diri 

Percaya pada diri sendiri bahwa tubuh Moms telah didesain sedemikian rupa untuk memproduksi ASI guna memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. 

Cobalah menyusui lebih sering 

Jadi, semakin sering si Kecil menyusu, semakin banyak pula ASI yang diproduksi dari payudara Moms. Bayi baru lahir bisa menyusui  8 hingga 12 kali sehari. Jika si bayi tertidur,  Moms bisa memompa agar produksi ASI tetap berjalan. 

Perbanyak minum air putih 2 hingga 4 liter sehari

Bahan dasar utama ASI adalah air, maka penting bagi Moms yang menyusui untuk memperbanyak minum air putih agar tubuh terhidrasi sehingga produksi ASI pun lancar. 

Stimulasi payudara 

Sejak pertama kali menyusui, biasakan untuk melakukan pijatan lembut pada payudara. Terapi sederhana ini akan membuat Moms merasa lebih relaksi, nyaman, serta merangsang payudara untuk memproduksi lebih banyak ASI. 

Makan makanan bergizi 

Selama memberikan ASI eksklusif, Moms memerlukan tambahan asupan kalori sebesar 300-500 kalori setiap hari. Makanan bergizi dan sehat akan memperbanyak produksi dan kualitas ASI. Tidak ada makanan tertentu untuk dikonsumsi, yang penting bergizi dan sehat.

Mudah kan Moms,  untuk memperbanyak produksi ASI?  Intinya ASI itu supply by demand, artinya semakin banyak permintaan,  maka produksi akan semakin banyak,  begitu pula sebaliknya. Jadi jika Moms ingin memperbanyak produksi ASI, Moms harus sering  mengosongkan payudara. Jika diperlukan,  Moms bisa berkonsultasi pada ahli laktasi untuk hasil yang lebih maksimal. Selamat mengASIhi ..