Bagi workingmoms, salah satu perangkat andalan untuk mencapai tujuan memberikan ASI eksklusif adalah pompa ASI. Alat ini akan sangat dibutuhkan untuk menjaga produksi ASI dan membantu Moms mengosongkan payudara agar lebih nyaman. Dengan banyaknya jenis dan merk pompa ASI, pilih yang sesuai dengan kebutuhan Moms. 

Alasan untuk menggunakan pompa ASI adalah untuk menampung pasokan ASI yang melimpah atau pun karena kondisi Moms yang tidak bisa menyusui secara langsung karena pekerjaan atau hal lainnya. Beberapa hal yang perlu Moms pertimbangkan dalam memilih pompa ASI adalah sebagai berikut: 

Buat spesifikasi detail pompa ASI

Apakah ingin pompa ASI hospital grade agar lebih optimal mengosongkan payudara atau portable agar lebih ringan dan handy? Keduanya memiliki keunggulan masing-masing Moms. Tulis dengan rinci spesifikasi yang Moms inginkan beserta poin kelebihan serta kekurangannya untuk membantu Moms memilih pompa ASI. 

Pertimbangan bujet

Pompa ASI hospital grade cenderung lebih mahal dibandingkan portable karena mesinnya lebih besar serta kualifikasinya lebih tinggi. Jika Moms menjalankan eping (exclusive pumping) sehingga butuh menyetok banyak ASI, pompa ASI hospital grade lebih direkomendasikan karena bisa memicu multi LDR dan lebih optimal mengeluarkan ASI. Tapi jika Moms hanya membutuhkan pompa untuk mengosongkan payudara dan menjaga produksi ASI, pompa ASI portable sudah cukup, karena harganya lebih murah dan ukuran lebih kecil. Untuk menghemat bujet, bila memungkinkan, Moms juga bisa menyewa di rental pompa ASI atau  meminjam pada keluarga dan rekan.  

Elektrik atau manual?

Pompa ASI elektrik lebih efektif dibandingkan manual. Selain lebih hemat tenaga dan  efisien, memompa ASI menggunakan pompa elektrik terbukti 40-70% menghasilkan lebih banyak ketimbang memerah dengan tangan atau memakai pompa manual. Perhatikan kemudahan mendapat sparepart & garansi. Pilihlah pompa ASI  yang komponennya mudah didapat dan memiliki garansi, sehingga ketika rusak, Moms tidak kesulitan untuk memperbaikinya. 

Perawatan pompa ASI 

Hal penting lainnya dalam memilih pompa ASI adalah perawatannya. Pilih pompa ASI yang mudah dalam perawatannya. Moms bisa mencari tahu pompa ASI yang direkomendasikan lewat ulasan orang lain di media sosial atau bertanya pada teman dan kerabat yang telah terlebih dahulu menggunakan pompa ASI tersebut. 

Dari semua poin tersebut, yang sebaiknya Moms pertimbangkan dalam memilih pompa ASI adalah pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Moms.