Sebagai seorang working moms yang mulai bekerja setelah cuti melahirkan, pumping adalah salah satu solusi agar kebutuhan ASI si Kecil tetap terpenuhi. Mengapa harus memberi ASI? Karena ASI mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Mulai dari makro nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak juga mikro nutrisi seperti vitamin dan mineral penting lainnya. 

Beberapa manfaat ASI untuk bayi adalah sebagai berikut: 

-Mengurangi risiko terserang penyakit

ASI mengandung zat antibodi pembentuk kekebalan tubuh. Nah, zat inilah yang bisa membantu si Kecil untuk melawan bakteri dan virus. Sehingga risiko si Kecil terserang penyakit pun berkurang, seperti diare, alergi, infeksi saluran pernapasan, hingga konstipasi. 

-Membantu perkembangan otak bayi

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ASI membantu meningkatkan perkembangan otak bayi. 

-Berat badan bayi ideal 

Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif lebih besar kemungkinannya tumbuh dengan berat badan yang normal. Menurut para ahli, ASI lebih sedikit merangsang produksi insulin ketimbang susu formula. Hormon insulin ini sendiri bisa memicu pembentukan lemak dalam tubuh. Nah, dengan kata lain, ASI tidak banyak memicu pembentukan lemak pada bayi. Tak hanya itu bayi yang mendapat ASI eksklusif juga memiliki kadar leptin yang lebih tinggi. Leptin merupakan hormon yang berperan dalam metabolisme lemak dan menimbulkan rasa kenyang. 

-Memenuhi kebutuhan nutrisi bayi 

 ASI mencukupi semua kebutuhan energi dan zat gizi yang diperlukan si Kecil selama awal kehidupannya. Khususnya, hingga si Kecil  berusia enam bulan. Karena itu, bayi sebenarnya tak perlu diberi susu formula, minuman, atau pun makanan tambahan sebelum menginjak usia enam bulan. Sebab, ASI saja sudah cukup memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya. 

Setelah mengetahui manfaat ASI untuk si Kecil , yuk kita lanjut bahas tip memerah ASI tanpa meninggalkan pekerjaan:

Tentukan lokasi merah/pumping 

Bila di kantor Moms tidak menyediakan ruang untuk menyusui, Moms bisa melakukan pompa ASI di meja kerja. Lebih efektif juga karena Moms bisa melakukan pumping saat bekerja. Caranya, dengan menyelipkan alat pumping ke bra selama Moms bekerja. 

Gunakan nursing apron  

Nursing apron adalah senjata yang wajib dibawa Moms untuk kenyamanan saat pumping

Membawa perlengkapan pumping 

Perlengkapan pumping yang harus dimiliki Moms bekerja adalah:

Semoga membantu ya, Moms.  Selamat dan semangat MengASIhi si Kecil. 

Baca Juga :Skip Pumping Buat ASI Berkurang