Moms, memilih bra menyusui merupakan fase yang akan dirasakan ketika hamil. Hal ini dikarenakan, ukuran payudara seorang ibu akan berubah seiring usia kehamilan. Namun, beberapa orang merekomendasikan untuk setidaknya membeli bra menyusui ketika usia kehamilan menginjak 35 minggu atau trimester ketiga. 

 

Menurut babycentre.uk, bra menyusui yang baik haruslah fleksibel, memungkinkan ruang ekstra saat ASI masuk, tidak boleh menyempit atau terlalu kencang,  bahkan ketika ditutup. Selain itu, bra menyusui juga harus memiliki beberapa hal ini: 

- Empat pengikat kait dan mata di bagian belakang, untuk menambah kenyamanan. 

- Tali bahu lebar, non-slip, sisi dan belakang yang lebar, dan bagian tengah yang dalam di depan, untuk dukungan tambahan. 

- Bentuk yang bisa buka dan tutup dengan satu tangan sehingga memudahkan saat ingin menyusui. 

- Terdapat lubang yang akan memberi banyak ruang bagi bayi untuk menyusu dengan nyaman. 

 

Pertimbangkan isi lemari

Ada banyak bra menyusui yang tersedia di pasaran . Beli bra menyusui yang akan cocok dengan gaya hidup Moms serta membuat Moms special.  

 

Miinimal dua buah bra 

Mungkin bermanfaat untuk memiliki setidaknya dua bra menyusui sehingga Moms bisa mengenakan satu saat yang lainnya sedang dicuci. Bra menyusui dapat menjadi mudah kotor karena rembesan dari ASI yang bocor, berkeringat, atau gumoh dan air liur bayi. 

 

Tanpa kawat 

Bra cup lembut lebih disukai daripada bra dengan kawat. Kawat dapat memberi tekanan pada jaringan di dasar payudara yang mengarah ke masalah yang sama yang dapat disebabkan oleh bra ketat. Tak hanya itu, saat tertidur di malam hari Moms pun ingin menggunakan bra menyusui karena ditakutkan adanya bocoran ASI. 

 

Pastikan bisa menopang payudara dengan tepat 

Bra yang dapat menopang payudara dengan pas, tidak kekecilan atau kebesaran,  dapat memberikan kenyamanan saat memyusui siang maupun malam hari. Bra yang tidak memiliki dukungan yang tepat pada payudara dapat membuat pengalaman menyusui menjadi tidak nyaman. Paling buruk, kata Attie Sandink, seorang konsultan laktasi di Burlington, Ontario, bra yang tidak pas,  dapat menyebabkan berbagai masalah menyusui, dari infeksi ragi dan lepuh puting susu hingga  saluran yang tersumbat dan mastitis, serta infeksi serius pada jaringan payudara. Karena itu, sebelum membeli bra menyusui, pastikan Moms telah melakukan pengukuran atau mencobanya terlebih dulu sehingga Moms bisa mendapatkan bra menyusui yang tepat. Jadi, selamat mencoba!