ASI memiliki banyak sumber nutrisi hingga antibodi yang sangat sayang untuk dilewatkan. Selain praktis dan hemat ASI juga memiliki segudang manfaat lainnya. 

Setiap Moms tentu memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik bagi buah hatinya tidak terkecuali memberikan ASI baik secara eksklusif selama 6 bulan atau berlanjut hingga usia anak 2 tahun. 

Menyusui secara harafiah adalah memberikan ASI lewat payudara.Tetapi beberapa ibu di zaman modern yang harus bekerja,  cukup sulit untuk menjalankan peran ini, tetapi bukan berarti tidak bisa. Di zaman modern banyak sekali penawaran mudah dengan berbagai alat pompa hingga botol canggih yang mudah didapatkan serta di mudah di operasikan. 

Tetapi sayangnya Moms  pekerja yang terkadang harus bekerja lebih dari 8 jam akan susah untuk menerapkan metode menyusui bayi secara on demand padahal menyusui secara on demand dari hisapan bayi langsung mampu merangsang let down reflex yang merangsang produksi asi tetap terjaga sesuai dengan kebutuhan bayi Moms. Tetapi tidak usah risau Moms berikut adalah tip memerah ASI untuk meningkatkan produksi ASI: 

Tetaplah memompa ASI setiap 2-3 jam sekali 

Teknik ini sangat penting terutama bagi Moms pekerja. Rutin mengosongkan payudara akan tetap merangsang hormon untuk menghasilkan ASI  secara konsisten. Mengosongkan payudara ini bisa dilakukan dengan cara memerah ASI menggunakan pompa ataupun memerah menggunakan tangan. 

Kompres hangat dan pijat lembut payudara sebelum memompa ASI

Kompres hangat dan melakukan pijatan lembut akan membantu melancarkan saluran ASI dan mencegah terjadinya sumbatan sehingga produksi ASI tetap lancar dan tidak menimbulkan bendungan ASI. 

Melakukan teknik power Pumping 

Teknik ini sangat populer di kalangan para Moms  yang lebih sering memompa payudara. Teknik ini membuat situasi seolah bayi sedang mengalami growth spurt sehingga akan merangsang hormon produksi ASI untuk meningkatkan kinerjanya dalam memproduksi ASI. Teknik power pumping idealnya dilakukan antara pukul 2-4 pagi. Waktu tersebut adalah jam dimana produksi hormon prolaktin sedang aktif dan tinggi. Berikut adalah teknik power Pumping : pumping selama 20 menit, istirahat 10 menit, pumping lagi  selama 10 menit . Istirahat 10 menit,  pumping selama 10 menit dan istirahat 10 menit Begitu polanya. 

Gimana Moms ? Mudah kan kuncinya adalah tetap konsisten dan bahagia. Semoga berhasil.