Buah naga adalah buah unik yang memiliki kulit tebal berwarna merah segar yang mirip dengan sisik naga. Makanya, buah tropis yang punya rasa manis ini disebut buah naga. Dua jenis buah naga yang paling mudah ditemukan di pasaran adalah yang dagingnya merah dan yang putih dengan biji-biji kecil berwarna hitam. 

Buah eksotis ini memiliki banyak kandungan gizi seperti zat besi, vitamin C, magnesium, dan serat. Oleh karena itu buah padat gizi ini cocok untuk dijadikan bahan MPASI si Kecil. Nah, buat Moms yang belum pernah menyajikan buah naga untuk si Kecil, tidak usah bingung. Yuk, disimak beberapa cara menyajikan MPASI buah naga berikut ini. 

Disajikan Langsung 

Tanpa dicampur apa-apa, buah naga rasanya sudah lezat. Sehingga sebenarnya Moms hanya perlu membuatnya menjadi puree untuk bayi yang lebih kecil dan memotong dagingnya dalam ukuran genggaman anak untuk bayi yang lebih besar. Daging buah naga cukup padat untuk digenggam langsung si Kecil, tetapi lembut untuk dikunyah. Untuk anak yang sudah mahir menggunakan alat makan, Moms bisa potong dadu untuk ditusuk si Kecil menggunakan garpu. 

Dicampur Greek Yogurt 

Yogurt adalah susu fermentasi yang kaya probiotik dan tinggi protein. Greek yogurt terutama memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dan tekstur yang lebih mudah untuk disendok oleh si Kecil. Mencampur yogurt dengan buah naga merah akan membuatnya menjadi merah merona yang menarik perhatian. Rasa manis buah naga juga akan menyeimbangkan rasa asam gurih greek yogurt. 

Dijadikan Panekuk 

Panekuk buah naga adalah salah satu cara menyenangkan untuk mengenalkan buah naga pada si Kecil. Campurkan buah naga yang sudah Moms hancurkan dengan ASIP, tepung oat, dan ekstrak vanila, lalu panggang di penggorengan. ASIP bisa diganti susu nabati seperti susu almond atau santan. Panekuk buah naga ini cocok untuk bayi besar yang sudah lebih ahli menggenggam dan memasukkan makanan ke mulutnya. 

Bagaimana, tidak sulit bukan cara-cara memberikan MPASI buah naga di atas? Oh ya, jangan khawatir dengan biji buah naga ya, Moms, aman kok, ditelan. Bahkan menurut World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, biji buah naga mengandung asam lemak baik omega 3 dan omega 9. Catatan lagi, khusus buah naga yang daging buahnya merah, bisa membuat urin dan feses menjadi kemerahan, jadi jangan kaget, ya! Selamat mencoba!