Tidak terasa ya, Moms, sekarang si Kecil sudah memasuki usia 6 bulan. Saatnya buah hati kesayangan berkenalan dengan makanan padat. Wah, apakah Moms gugup memulai MPASI pertama si Kecil? Harus dimulai dengan apa, ya? Sereal? Bubur beras? Atau langsung finger food? Instan? Homemade? 

Banyaknya pilihan dan pendapat yang berbeda-beda di luar sana seringkali membuat para Moms baru kebingungan memilih makanan terbaik untuk perkenalan si Kecil dengan makanan padat. Nah, biar tidak pusing, simak 4 tip memilih makanan terbaik pertama untuk MPASI berikut ini Moms. 

Pilih yang lokal dan terjangkau 

Tahukah, Moms, di dalam buku panduan yang dibuat oleh WHO, yang bisa Moms unduh di situs resmi mereka, dicantumkan bahwa salah satu prinsip pemilihan bahan makanan yang paling tepat untuk MPASI itu adalah yang lokal dan terjangkau. Kenapa? Karena masa MPASI itu adalah jembatan yang berfungsi untuk mengenalkan anak supaya familiar dengan makanan keluarga. Jadi nih, Moms, seandainya memang keluarga Moms tidak terbiasa dengan konsumsi bahan pangan impor yang mahal seperti chia seed atau oat atau unsalted butter misalnya, Moms tidak perlu memaksakan diri membeli itu semua atas nama MPASI. 

Pilih bahan-bahan alami tanpa aditif 

Masa MPASI adalah kesempatan bagi orangtua untuk menanamkan kebiasaan makanan yang baik yang akan diadopsi anak seumur hidupnya. Oleh karena itu, penting untuk membuat anak mencintai rasa asli makanan sebelum lidahnya mengenal berbagai aditif yang menguatkan rasa. Masakan yang Moms olah sendiri tanpa berbagai tambahan perisa sintetik dan aditif makanan lainnya adalah pilihan yang baik untuk perkenalan anak dengan makanan. 

Jangan takut mencoba 

Seringkali para Moms terjebak pada persepsinya sendiri terhadap bahan pangan tertentu dan berasumsi bayinya tidak akan suka. Bayi yang baru memulai MPASI belum tahu, Moms, rasa gurihnya kuning telur, atau asamnya jeruk, atau manisnya semangka. Meskipun memang, preferensi rasa bayi telah terbentuk dari makanan ibunya sejak dari dalam kandungan dan proses menyusui, namun dia belum tahu bahan apa yang punya rasa apa. Jadi, jangan takut mencoba, Moms. Tawarkan saja, dan biarkan si bos kecil itu memutuskan untuk memakannya atau tidak. Parents provide, children decide, right?

Pilih yang paling nyaman buat Moms 

Proses makan seharusnya adalah proses yang menyenangkan dan tanpa tekanan. Saat memilih menu pertama si Kecil, perhitungkan juga tingkat kenyamanan Moms. Pasalnya, jika Moms terlihat tidak nyaman saat menyajikannya atau tidak percaya diri, si Kecil juga akan merasakan energi yang Moms pancarkan dan bisa jadi dia pun akan merasa was-was mencobanya. Jadi pilihlah yang paling nyaman buat Moms. 

Nah, bagaimana Moms, sudah terbayangkah apa makanan padat pertama si Kecil nanti?