Ketika memiliki bayi yang baru memasuki usia MPASI, mungkin Moms akan berpikir dua kali jika ingin mengajaknya liburan bersama. Kekhawatiran tentang bagaimana nanti menyiapkan MPASI si Kecil, acapkali membuat para Moms ragu untuk mengajak si Kecil liburan. 

Nah, sebenarnya di zaman now ini, menyiapkan MPASI saat liburan tidak sesulit dulu lho, Moms. Dengan adanya banyak sekali pilihan alat masak portabel, seperti chopper mini, blender mini, bahkan hingga slow cooker mini, menyiapkan MPASI ketika sedang liburan jauh dari rumah tidak perlu pusing lagi selama ada colokan listrik. Tapi, kira-kira apa saja ya bahan MPASI yang bisa dibawa saat liburan yang tetap aman dan bergizi? Nih, beberapa opsinya, Moms. 

Beras 

Beras adalah salah satu sumber karbohidrat yang disukai mayoritas orang Indonesia. Moms bisa membawa sedikit beras yang nantinya bisa dijadikan bahan utama membuat bubur si kecil. 

Ubi 

Ubi mentah bisa bertahan lama di suhu ruangan dan bisa jadi alternatif karbohidrat untuk si Kecil. Moms bisa merebus atau mengukusnya di penanak mini yang Moms bawa saat traveling

Pisang 

Pisang bisa bertahan berhari-hari di suhu ruangan dan bisa jadi alternatif bahan MPASI yang mudah dan mengenyangkan untuk jam camilan si Kecil. 

Oat 

Oat adalah tanaman serealia yang bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang cocok untuk bayi yang sedang MPASI. Contoh paling mudahnya adalah overnight oat, oat yang direndam semalaman dengan susu, dan bisa disajikan dengan topping buah-buahan kesukaan si kecil. 

Yogurt 

Jika tempat tujuan liburan Moms memiliki lemari pendingin, yogurt adalah salah satu makanan bergizi yang bisa dijadikan camilan atau sarapan si Kecil. Jangan lupa pilih yang plain tanpa penambahan gula dan zat aditif lain yang tidak diperlukan si kecil.

Kurma 

Kurma kering adalah salah satu opsi camilan MPASI yang praktis dibawa saat traveling. Para bayi biasanya menyukai kurma karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut. Moms bisa membuat pasta kurma dengan cara melumatkannya dengan sedikit air hangat, atau menyajikan dalam potongan-potongan kecil untuk bayi yang sudah pintar mengunyah.

Nah itu dia 6 pilihan bahan MPASI yang bisa dibawa saat liburan, Moms. Jika memang situasinya tidak memungkinkan untuk mengolah sendiri, Moms bisa membawa MPASI instan atau mencari restoran yang membuatkan makanan yang sesuai untuk si Kecil. Selamat berlibur!