Wah, si Kecil sudah mau memasuki masa MPASI ya, Moms? Pastinya Moms semangat sekali nih, berburu bahan makanan dan resep-resep MPASI demi mengenalkan si Kecil pada nikmatnya makan makanan padat. Nah, sebelum mulai berkreasi di dapur, ada beberapa jenis bahan makanan yang perlu Moms hindari untuk para bayi yang baru memulai MPASI. Apa saja? Yuk, disimak ulasannya.

Garam 

Bayi tidak butuh banyak garam di dalam makanan mereka, karena akan membebani ginjal kecil mereka. Hindari menambahkan garam yang berlebihan pada MPASI ya, Moms. Maksimum asupan garam harian untuk bayi di bawah satu tahun menurut NHS kurang dari 1 gr sehari. Sebagai patokan satu sendok teh itu sama dengan 5 gr. Sebaiknya Moms juga tidak memberikan makanan-makanan tinggi garam seperti sosis, daging asap, daging atau ikan kalengan, dan makanan restoran yang tinggi garam. 

Gula 

Seperti yang telah disampaikan WHO dalam anjuran resminya, bayi yang baru MPASI tidak membutuhkan tambahan gula dalam makanannya. Moms bisa menggunakan rasa manis dari buah sebagai pemanis di dalam masakan. 

Madu 

Madu juga tidak boleh diberikan pada bayi di bawah setahun ya, Moms. Hal ini karena pemberian madu berpotensi menimbulkan penyakit botulisme pada bayi. 

Kacang-kacangan dan Buah Utuh yang Rentan Tersedak 

Anak-anak sampai usia 5 tahun sebaiknya tidak diberikan kacang yang utuh karena rentan sekali tersedak. Untuk anak yang sedang MPASI pun, pastikan memberikan potongan makanan atau buah yang dibelah untuk mengurangi risiko tersedak. 

Telur Mentah atau Setengah Matang 

Meskipun orang dewasa biasanya akan baik-baik saja ketika mengonsumsi telur mentah, namun hal yang sama tidak selalu terjadi pada bayi yang kekebalan tubuhnya masih berkembang. Oleh karena itu sebaiknya, memberikan telur mentah atau setengah matang pada bayi MPASI dihindari ya, Moms. 

Kubus Jeli atau Nata de Coco 

Jeli atau makanan yang sejenis nata de coco adalah makanan yang rentan tersedak bagi anak-anak. Daripada jeli, lebih baik memberikan puding lembut yang dibuat dari agar, Moms. Jangan lupa pastikan potongannya aman. 

Saus Kemasan 

Hampir semua saus kemasan yang bisa Moms temukan di supermarket mengandung pengawet, pewarna makanan, penguat rasa, perisa sintetik, dan bahkan aspartam yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak. Saat memilih bahan makanan untuk MPASI, pilihlah bentuk paling aslinya sebagai opsi utama. Hal ini supaya anak terbiasa mengenal dan mencintai rasa asli bahan makanan. Perhatikan juga tanda-tanda alergi dan sensitivitas si kecil ya, Moms. Selamat MPASI!