Berlibur menjadi kegiatan yang menyenangkan sebagai pelepas penat dan stres. Namun, jika Moms memiliki anak usia MPASI yaitu berusia 6 bulan ke atas, tentunya Moms perlu mempertimbangkan untuk membawa bahan makanan MPASI. Apa saja yang perlu dibawa? Berikut ini rinciannya, Moms: 

MPASI Instan 

Ketika bepergian, Moms bisa membawa MPASI instan dengan aneka rasa. Pilihlah rasa yang disukai si Kecil agar ia lahap makannya. Pastikan Moms  tidak lupa membawa termos yang berisi air hangat untuk melarutkan bubur bayi ini, ya. 

MPASI Beku 

Bila Moms khawatir tidak bisa memasak di tempat liburan nanti, Moms dapat memasaknya terlebih dahulu di rumah, apalagi kalau tempat tujuan liburan Moms menyediakan kulkas. Caranya sama seperti saat Moms memasak makanan bayi sehari-hari, kok. Masaklah makanan hingga matang. Kemudian tempatkan di dalam wadah kecil yang kedap udara dan bekukan di lemari es. Selama perjalanan, Moms harus menyimpan MPASI beku di dalam cooler bag yang berisi es agar suhunya tetap terjaga dan tidak cair. Moms bisa langsung menaruhnya di lemari es setelah tiba di tempat tujuan. MPASI beku ini bisa langsung digunakan ketika dibutuhkan. Untuk mencairkan makanan beku, Moms bisa menggunakan microwave atau direndam di wadah berisi air hangat selama 10–20 menit. Bila perlu dihangatkan, Moms juga bisa menghangatkannya terlebih dahulu.

Buah-buahan 

Moms juga bisa membawa buah-buahan segar, seperti pisang, alpukat, jeruk, atau apel. Buah-buah ini mudah untuk dijadikan puree atau camilan yang menyehatkan untuk si Kecil. 

Snack 

Pastikan Moms membawa camilan ya saat berlibur untuk mengganjal perut si Kecil saat lapar. Jika  si Kecil sudah bisa makan menu rumah, lebih gampang lagi. Moms tidak perlu membawa banyak bahan MPASI. Moms hanya perlu memesan menu yang tidak pedas saja untuk si Kecil. Sedangkan untuk teksturnya, Moms bisa memilih tekstur makanan yang sesuai dengan kemampuan  si Kecil. 

Selain bahan makanan, jangan lupa untuk membawa alat makan si Kecil untuk memudahkan proses pemberian makan. Masalah pemberian MPASI si Kecil jangan sampai menjadi penghalang Moms dan keluarga untuk pergi berlibur. Sesekali waktu, keluarga butuh berlibur, lho. Namun, jangan sampai saat liburan si Kecil jadi kekurangan makanan sehat, ya. Yuk, pergi berlibur!