Bayi rewel bahkan menangis histeris selama berjam-jam? Itu salah satu pertanda bayi mengalami kolik.

Jika bayi berusia kurang dari satu bulan dan menangis lebih dari tiga jam setiap hari yang bisa berlangsung selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu, kemungkinan bayi mengalami kolik. Sebenarnya, kolik tidak selalu mengindikasikan penyakit berbahaya, namun memang membuat bayi tidak nyaman. Berikut ini cara meringankan gejala kolik pada bayi:

Gerakan lembut

Gerakan lembut bisa menenangkan bayi. Selain digendong dan melakukan gerakan mengayun, Anda bisa menempatkannya di ayunan bayi. Jika telah tertidur di ayunan, pindahkan bayi ke tempat tidurnya.

Bedong dan Pijat

Pikirkan tentang bagaimana nyamannya bayi terbungkus plasenta di dalam rahim. Anda juga bisa menyamankan bayi dengan cara yang mirip, yaitu dengan membendongnya menggunakan selimut atau lampin. Lampin mungkin bisa membantu bayi yang kolik untuk lebih mudah tertidur.

Selain dibedong, Moms bisa juga melakukan gerakan pijat pada perut bayi, atau pada punggung belakang sejajar perut bayi. Hal ini dapat membantu mengeluarkan gas yang mungkin terperangkap di saluran pencernaan bayi bagian bawah. Jika kemudian bayi kentut, maka itu adalah hal yang normal, dan justru dapat meringankan gejala koliknya.

Mandi air hangat

Mandi air hangat di tengah-tengah tangisannya bisa mengalihkan perhatian dan membantunya untuk lebih relaks. Biasanya setelah mandi bayi akan terlelap.  

Botol air hangat

Beberapa bayi menikmati sensasi hangat di atas perut mereka. Isi botol dengan air hangat lalu bungkus dengan handuk. Setelah memastikan botol tidak terlalu panas, letakkan di perut bayi, dan sambil lakukan gerakan sedikit memijat perut bayi dengan botol air hangat tersebut.