Liburan bersama keluarga menjadi sesuatu yang perlu dipersiapkan lebih teliti ketika memiliki anak yang baru memulai masa MP-ASI. Tidak hanya membawa beberapa bahan kering dan makanan kemasan yang aman dibawa saat traveling, Moms juga harus menyiapkan peralatan tempurnya. Nah biar tidak ada yang terlupa, Moms bisa sontek daftar perlengkapan MPASI yang perlu dibawa saat liburan berikut ini. 

Blender atau Chopper Portabel 

Untuk si Kecil yang masih di tahap MPASI bubur, blender atau chopper portabel yang kini sudah banyak sekali di pasaran akan menjadi peralatan utama yang perlu dibawa. Dengan membawa blender atau chopper portabel, Moms bisa melumatkan bahan makanan dan meracik sendiri bubur sehat untuk si kecil. 

Penanak Mini 

Selain pelumat portabel, penanak nasi mini atau slow cooker mini akan membantu Moms untuk membuat bubur yang sesuai dengan selera si Kecil. 

Kotak Bekal 

Walaupun Moms berencana akan mengajak si Kecil makan di restoran saat liburan, pastikan tetap membawa kotak bekal berisi camilan dan beberapa makanan berat yang si Kecil suka. Hal ini supaya jika nanti terjadi sesuatu, misal macet atau mobil rusak di perjalanan, jam makan si Kecil tidak tertunda. Selain itu jika ternyata di tempat tujuan tidak ada menu yang cocok untuk si Kecil, kotak bekal akan jadi penyelamat. 

Celemek Anak 

Supaya tidak terlalu sering mengganti baju setelah jam makan, Moms bisa membawa celemek anak untuk mengurangi efek kotornya. Dengan begitu, Moms tidak perlu terlalu banyak membawa baju ganti. 

Botol Minum 

Pastikan membawa botol minum yang anti tumpah untuk mengurangi risiko ganti baju berkali-kali. Pilih juga botol minum yang mudah dicuci dan jangan lupa bawa sikat khusus botol untuk membersihkannya. 

Pisau Kecil 

Saat menginap di penginapan, Moms bisa membeli buah-buahan kering dan menggunakan pisau kecil untuk memotongnya menjadi potongan yang sesuai untuk si Kecil. 

Sabun dan Alat Bersih-Bersih 

Ini mungkin yang suka dilupakan saat pergi liburan: sabun dan alat untuk membersihkan peralatan MPASI seperti spons dan sikat kecil. Padahal untuk keamanan pangan si Kecil penting untuk selalu menggunakan alat masak dan peralatan makan yang bersih. Saat di luar penginapan, Moms bisa membawa sanitizing water dan tisu basah sebagai alternatif. 

Nah itu dia beberapa perlengkapan MPASI yang perlu dibawa saat liburan, Moms. Selamat liburan!