Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), sebagian besar cadangan zat besi mulai menyusut di usia bayi enam bulan. Sehingga menyarankan para orang tua untuk memastikan bahwa makanan bayi yang diberikan kepada si Kecil kaya akan zat besi. 

“Untungnya, ada bahan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan bayi akan zat besi dan zinc, yang merupakan dua nutrisi terpenting di tahun pertama bayi. Makanan itu adalah MPASI daging sapi,” ungkap ahli gizi anak, Jill Castle, MS, RDN. Beberapa jenis sayuran sebenarnya juga mengandung zat besi tinggi. Namun sumber zat besi hewani lebih mudah diserap dan diolah dalam tubuh bayi dibandingkan dengan sumber zat besi dari tanaman. Sehingga memasukkan daging sapi saat mengolah MPASI bayi merupakan pilihan yang tepat. 

Selain itu, MPASI daging sapi juga kaya akan nutrisi lainnya, seperti protein, kolin, selenium, phosphorus, vitamin B, hingga vitamin B 12 yang bermanfaat bagi pertumbuhan bayi. 

Kapan Waktu Terbaik memberi si Kecil Daging sapi? 

Untuk makanan bayi pertama, Moms bisa memberikan MPASI daging sapi yang sudah dibuat puree beserta dengan bahan makanan pendamping lainnya. Lalu perlahan, saat si Kecil mulai dapat mengunyah dengan baik, Moms dapat memberikan daging sapi yang sudah dipotong kecil. 

Berikut resep MPASI berbahan daging sapi 

Bubur Kentang Daging Santan (6 bulan)  

Bahan : 

2 buah kentang, potong dadu 

1 butir bawang merah

1 butir bawang putih

1 daun salam 

2,5 sdm santan instan 

1 ruas jari wortel, parut 

2 irisan tofu 

50 gram daging sapi giling 

100 ml air 

1 sdm margarin 

Cara membuat: 

Panaskan pan dan  masukkan margarin. Jika jika sudah mencair,  tumis bawang putih dan bawang merah, setelah layu  masukkan daun salam. Kemudian masukkan daging, tumis hingga matang. Berikutnya masukkan air dan  wortel. Jika wortel sudah lembut masukan kentang yang sudah dilembutkan, santan, tofu, lalu aduk hingga air berkurang dan tekstur menjadi kental. Sesuaikan tekstur, blender/saring lalu sajikan dengan penuh cinta. 

Tumis Daging Buncis Jagung (9 bulan) 

Bahan: 

50 gram daging sapi.

1/2 buah jagung dipipil.

5 batang buncis. 

1 siung bawang putih. 

1 sdt Extra Light Olive Oil (ELOO). 

Keju parut secukupnya.  

Unsalted butter secukupnya.  

Cara membuat: 

Rebus daging hingga matang dan empuk, cincang halus. Kukus jagung pipil dan buncis potong hingga matang. Tumis bawang putih dengan unsalted butter. Masukkan daging cincang, kukusan jagung dan buncis, tumisan bawang putih ke dalam blender. Lalu blender hingga mencapai tekstur yang diinginkan. Setelah diblender, tuang ke dalam wadah saji.  Beri minyak ELOO dan keju parut.  Sajikan selagi hangat. 

Sup Daging Bahan

Bahan: 

2 sdm nasi yang sudah dihaluskan. 

1 ons daging sapi. 

6 kuntum brokoli. 

Chia seed secukupnya.  

1 buah wortel ukuran besar.

1 kuntum pakcoy. 

1 buah tomat.

4 siung bawang putih. 

1 sdt kaldu sapi. 

1 sdt kaldu jamur. 

1/4 sdt oregano. 

Garam secukupnya. 

1 sdm Extra Light Olive Oil (ELOO). 

Unsalted butter secukupnya. 

Cara membuat: 

Rebus daging, kemudian parut. Untuk membuat kaldu, rebus 600ml air, masukkan bawang putih cincang, garam, kaldu sapi, kaldu jamur dan oregano. Aduk-aduk, tunggu hingga mendidih. Masukkan brokoli, pakcoy, potongan wortel dan tomat. Rebus hingga semua sayuran empuk. Setelah empuk, angkat. Ambil secukupnya untuk satu porsi makan.  Tambahkan nasi dan unsalted butter. Kemudian haluskan. Tambahkan chia seeds, sajikan. Pastikan juga untuk mendampingi si Kecil saat mengonsumsi MPASI dengan daging sapi, agar terhindar dari bahaya tersedak.