Sebagai Ibu anak satu yang perdana mengenalkan anak kepada MPASI, banyak riset yang saya lakukan untuk mengetahui nilai nutrisi berbagai jenis bahan makanan. Salah satunya kurma. Kurma adalah salah satu buah yang memiliki nutrisi sangat baik, di antaranya adalah asam amino; mineral seperti kalsium, magnesium, sodium, dan lainnya. Serta vitamin yang terdiri atas vitamin C, vitamin A, Niacin, vitamin B2, dan vitamin B1 (Fayadh, J. M. dan Al-Showiman, S. S., 1990). 

Jumlah kalori yang dihasilkan per 100 gram adalah sekitar 281 kkal. Berdasarkan WHO, kalori yang dibutuhkan dalam makanan pendamping ASI (MPASI) untuk anak usia 6-8 bulan adalah sekitar 200 kkal. Nilai tersebut hampir setara dengan sajian kurma per 100 gram, namun harus diingat kembali bahwa MPASI yang baik harus lengkap. 

Kurma saya jadikan bahan makanan untuk pemanis setiap MPASI, salah satunya adalah masakan bacem. Menu ati ayam bacem andalan saya terinspirasi dari seorang doula terkenal di instagram. 

Bahan yang saya gunakan adalah ati ayam sebagai protein hewani,  kentang sebagai karbohidrat, dan bumbu dasar seperti bawang putih, ketumbar, batang sereh dan daun salam. Selanjutnya, untuk pemanis saya gunakan kurma sebanyak 5 butir. 

Cara pembuatannya adalah: 

- Haluskan semua bumbu termasuk kurma. 

- Rebus air sampai mendidih. 

- Masukkan ati ayam dan bumbu yang telah dihaluskan. 

- Masukkan batang sereh dan daun salam. 

- Masak dengan api kecil sampai air hampir habis dan pastikan ati ayam sudah lunak. 

Bacem ati ayam dapat disajikan sebagai bubur dengan melumatnya atau pun sebagai finger food untuk metode pemberian MPASI BLW. 

Banyak bahan makanan yang dapat dimasak bacem untuk menu MPASI, di antaranya adalah ceker ayam, tempe, dan tahu. 

Selanjutnya menu MPASI lainnya yang saya masak menggunakan kurma adalah bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau ini dapat dijadikan menu untuk makanan selingan pada pagi dan sore hari. Bahan-bahannya adalah kacang hijau, santan alami, dan buah kurma. Semoga dapat menginspirasi untuk menggantikan gula dengan kurma sebagai pemanis semua masakan MPASI.