Setiap Moms berlomba- lomba untuk memberikan yang terbaik buat sang anak termasuk dalam pemberian makanan pendamping ASI atau yang biasa disingkat MPASI. Banyak Moms mengira bahwa  salmon adalah ikan terbaik untuk MPASI, padahal masih banyak lho ikan yang bisa jadi pilihan untuk MPASI dengan harga yang lebih terjangkau, serta mudah ditemui di tukang sayur atau pasar tradisional. Berikut Ikan yang aman untuk MPASI : 

Ikan lele 

Ikan berkumis ini mengandung vitamin A yang sangat tinggi lho. Selain itu, ikan ini mengandung poli asam lemak tidak jenuh (PUFA) yang terbentuk dari omega-3 dan omega-6. Selain mudah ditemukan di pasaran, ikan ini sangat aman untuk dikonsumsi oleh si Kecil karena kandungan lemak pada ikan lele rendah . 

Ikan kembung 

Ikan kembung mengandung DHA dan asam lemak omega-3 yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil. Omega-3 yang terkandung dalam ikan ini pun jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ikan salmon. 

Ikan gurame 

Ikan gurame merupakan ikan air tawar yang mengandung banyak gizi. Ikan ini memiliki tekstur yang kenyal dan memiliki sedikit duri. Oleh karena itu, ikan gurame sangat cocok dan aman untuk dijadikan MPASI. 

Ikan bandeng 

Setiap 100 gram ikan bandeng diketahui mengandung 123 kalori, 20 gram protein, 4,8 gram lemak, dan juga vitamin B1, vitamin A, kalsium, fosfor, serta zat besi. Untuk pemberian ikan bandeng ini harus ekstra hati-hati karena banyak sekali durinya. 

Ikan patin

Setiap 100 gram ikan patin mengandung 132 kalori, 17 gram protein, 6,6 gram lemak, dan juga 1,1 gram karbohidrat. Tak hanya itu, ikan ini perlu menjadi konsumsi wajib karena mengandung omega 3, DHA, dan EPA yang juga ada dalam ikan salmon dan tuna. 

Ikan tuna 

Tekstur dagingnya yang tebal dan lembut, rasanya yang gurih, serta kelezatannya membuat siapa pun bisa dengan mudah menyukai jenis ikan yang satu ini. Dalam setiap 100 gram ikan tuna, terdapat 184 kalori, 30 gram protein, serta 6 gram lemak yang sangat baik bagi pertumbuhan si Kecil. 

Ikan ekor kuning 

Selain kaya akan protein, ikan ekor kuning juga kaya akan omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak anak.  

Itulah 7 jenis ikan yang aman untuk MPASI dengan harga yang ramah untuk kantong dan mudah didapatkan.  Untuk cara pengolahannya gampang sekali,  bisa dibuat fillet dulu lalu digoreng. Bisa juga dibuat tim ikan, sop ikan atau bahkan presto untuk bandeng . 

Nah untuk ikan fillet bisa Moms olah menjadi  bakso juga lho Moms. Jadi variasi menu MPASI buat si Kecil. Ikan bisa diberikan sejak anak berusia 6 bulan lho Moms,  dengan catatan tidak ada efek samping seperti alergi gatal. Ikan ini bisa menambah kecerdasaan anak karena kandungan lemak, omega 3 dan omega 6 yang baik untuk perkembangan otak  Semoga dapat bermanfaat informasinya.