Memasuki usia 6 bulan, sudah saatnya si Kecil mengenal makanan padat. Fase ini dikenal dengan sebutan pengenalan MPASI alias Makanan Pendamping ASI. Untuk new mom yang baru pertama kali punya anak, fase ini tentu sangat dinantikan. Rasanya sudah tak sabar menyuapkan makanan ke bibir mungil si Kecil. Sebagian Moms memilih bubur instan atau bubur terfortifikasi untuk diberikan pada si Kecil. Tak sedikit pula yang sengaja memasak untuk MPASI si Kecil. Mana pun yang jadi pilihan, bukan masalah kok,  Moms. Tapi, Moms harus tahu ya, memilih makanan untuk si Kecil tidak boleh sembarangan. 

Beberapa jenis makanan tak boleh diberikan pada bayi di bawah usia 1 tahun. Bahkan, makanan ini bisa berbahaya untuk kesehatannya. Apa saja? Berikut ulasan singkatnya. 

Madu 

Madu memang dikenal sebagai salah satu makanan yang baik dikonsumsi oleh orang dewasa. Tapi, ini tak berlaku untuk bayi. Sebab, terdapat bakteri clostridium botulinum dalam madu. Bakteri ini dapat menyebabkan botulisme atau keracunan serius pada bayi.

Susu Sapi 

Susu sapi merupakan sumber protein dan kalsium yang baik bagi tubuh. Sayangnya, bayi di bawah satu tahun belum bisa mencernanya dengan baik sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan. 

Minuman berkafein 

Teh dan kopi merupakan minuman yang biasa dikonsumsi orang dewasa. Tapi, jangan berikan untuk bayi di bawah 1 tahun ya, Moms. Minuman berkafein dapat menyebabkan bayi kekurangan kalsium, mengganggu penyerapan zat besi, serta kerusakan gigi. 

Makanan tinggi garam 

Ginjal bayi belum bisa mengolah garam yang masuk ke tubuh dengan baik. Oleh sebab itu, Moms sebaiknya tidak memberikan makanan tinggi garam pada si Kecil. Contoh makanan tinggi garam adalah makanan instan dan cepat saji. 

Minuman manis 

Sebelum usianya menginjak satu tahun, sebaiknya Moms hanya memberikan ASI dan air putih pada si kecil. Minuman manis dan tinggi gula seperti minuman kemasan tak baik untuk tumbuh kembangnya. Bahkan, bisa menyebabkan diare dan kerusakan gigi. 

Makanan keras 

Makanan yang keras seperti kacang-kacangan, sebaiknya tak diberikan pada bayi di bawah satu tahun. Apalagi, jika si Kecil belum tumbuh gigi. Sebab, makanan dengan tekstur yang keras dapat membuat anak tersedak. 

Itulah 6 makanan dan minuman yang tak boleh diberikan kepada bayi di bawah satu tahun. Jadi, koreksi lagi ya Moms, apa saja yang boleh dan tak boleh diberikan pada bayi sebagai MPASI. Jika Moms merasa ragu saat akan mengenalkan makanan atau minuman pada bayi, Moms bisa berkonsultasi pada dokter spesialis anak. Dengan begitu, tumbuh kembang serta kesehatan si Kecil tentu akan terjaga.