Semangat memberikan asupan bergizi untuk si Kecil pasti menggebu-gebu,  terutama bila  mulai memasuki masa MPASI atau makanan pendamping ASI. Tentunya, Moms ingin mengenalkan segala jenis makanan. Akan tetapi, tak semua makanan bisa dikonsumsi, terlebih bila si Kecil berusia di bawah satu tahun. Nah, makanan apa saja yang Moms harus hindari untuk si Kecil?

Garam 

Bayi tidak boleh makan banyak garam, karena tidak baik untuk ginjal mereka. Jangan menambahkan garam ke makanan bayi. Ingat ini ketika Moms memasak untuk keluarga dan berencana untuk memberikan makanan yang sama pada bayi. Hindari makanan asin seperti  sosis,  keripik dengan garam tambahan, biskuit asin, dan  makanan siap saji. 

Gula 

Bayi tidak membutuhkan gula. Dilansir dari NHS.uk, Dengan menghindari camilan dan minuman manis (termasuk jus buah dan minuman buah lainnya), Moms akan membantu mencegah kerusakan gigi. 

Madu 

Bayi di bawah usia satu tidak boleh diberi makan segala bentuk madu (mentah, dipanggang, atau dimasak). Madu buruk bagi bayi karena mengandung clostridium botulinum, yang dapat menghasilkan spora botulinum. Spora ini mengeluarkan racun yang dapat menyebabkan kelemahan otot, sembelit, penurunan tonus otot, dan bahkan mengakibatkan kelumpuhan pada bayi muda. Jejak usus bayi tidak cukup kuat untuk melawan spora dan racun ini. 

Susu sapi 

Moms, ada baiknya tetap memberikan ASI atau susu formula sampai ulang tahun anak  yang pertama. Seorang anak di bawah usia satu tahun tidak dapat mencerna enzim dan protein dalam susu sapi, dan mineral tertentu di dalamnya dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal bayi. Juga, tidak seperti ASI, susu formula tidak memberikan semua nutrisi yang tepat untuk bayi yang sedang tumbuh. 

Putih telur 

Jangan memberi makan produk telur pada anak di bawah usia satu tahun, untuk menghindari reaksi alergi atau alergi di masa depan. Kuning telur memang jarang menjadi sumber alergen. Namun, protein dalam putih telur dapat menyebabkan reaksi alergi. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh bayi masih berkembang sehingga tidak bisa membedakan protein telur dengan patogen penyebab penyakit. 

Demikian beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh bayi di bawah satu tahun guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa bicarakan selalu hal apa saja yang boleh atau tidak kepada dokter spesialis anak ya, Moms!