Ayam jadi bahan makanan yang banyak dipilih dan diolah para Moms. Selain mudah untuk ditemukan, harganya terjangkau dibandingkan daging sapi. Selain itu,  ayam juga mudah untuk diolah. Rasanya disukai oleh hampir semua orang. Dagingnya mudah empuk, kaldunya bisa dipakai juga untuk makanan lain. 

Jenis ayam konsumsi 

Nah, ternyata ayam yang dijual di pasaran itu banyak lho, Moms, perlu ketahui dulu nih jenis-jenis ayam yang bisa dikonsumsi. Di antaranya ada ayam broiler, ini yang paling banyak dijual oleh para pedagang ayam di pasaran. Ada juga ayam pejantan, ayam kampung, ayam organik, ayam probiotik dan prebiotik, terakhir ada ayam petelur. 

Jenis ayam apapun yang dibeli, harus ditangani dengan tepat agar tidak terkontaminasi oleh bakteri. Ketika baru membeli ayam dari pasar atau swalayan, jangan biarkan terlalu lama di suhu ruang. Jika ingin menunda mengolahnya, Moms bisa memasukkannya ke dalam kulkas. 

Kandungan nutrisi 

Dalam bagian tubuh ayam banyak kandungan nutrisi seperti protein, vitamin, serta mineral. Namun, kandungan pada setiap bagian ayam berbeda-beda. Karena itu, untuk MPASI pilihlah bagian ayam yang mengandung banyak protein karena dapat membantu perkembangan serta pertumbuhan otak. 

Bagian dada dan paha ayam adalah yang terbaik untuk diolah menjadi MPASI. Karena pada bagian tersebut lebih banyak daging dan lebih sedikit lemak. Untuk mengolah ayam menjadi MPASI, Moms bisa coba resep di bawah ini: 

Bahan: 

Secukupnya jahe yang digeprek 

1 bagian dada ayam (potong-potong kecil)

1 buah kentang kukus yang dipotong dadu kecil 

1 siung bawang putih geprek 

1/4 siung bawang bombay 

Secukupnya kecap manis 

1/4 sdt garam 

secukupnya merica 

Secukupnya bawang putih bubuk 

Olive oil /canola oil/minyak sayur biasa yang baru secukupnya air matang 

Cara memasak: 

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum 
  2. Lalu masukkan daging ayam. Aduk hingga matang 
  3. Beri garam, merica, dan bubuk bawang putih. Aduk sampai rata 
  4. Beri Kecap dan air. Aduk-aduk. Kemudian masukkan kentang tunggu hingga air mendidih. Koreksi rasa 
  5. Siap untuk disajikan 

Jadi, bijaklah dalam memilih bagian ayam untuk diolah menjadi MPASI ya, Moms. Jika ingin memberikan ceker, Moms bisa mengolahnya menjadi kaldu dan tetap masukkan bagian ayam yang lain dengan kandungan daging yang lebih banyak. Karena bagian ceker pada ayam banyak mengandung lemak dan kolagen yang baik untuk kesehatan tulang sendi anak.