Saat buah hati sudah mulai MPASI, Moms ingin mengenalkan berbagai varian makanan, salah satunya sayuran. 

Banyak stigma di masyarakat bahwa anak-anak tak suka dengan sayuran karena rasanya yang pahit atau hambar. Padahal bisa jadi anak tak suka karena orangtua jarang mengenalkan sayuran sejak MPASI. Karena itulah, orangtua harus rajin memberikan variasi makanan berupa sayuran sejak masih kecil. Berikut ini olahan sayuran yang mudah didapat sehari-hari: 

Sup makaroni wortel

Saat cuaca sedang dingin dan butuh makanan praktis namun tetap sehat, Moms bisa coba resep simpel ini.

Bahan

½ cup Makaroni 

1 buah wortel 

1 butir telur 

400 ml air (bisa disesuaikan dengan selera jumlah kuahnya)

Garam 

Kaldu bubuk 

Cara membuat: 

Beri garam dan kaldu bubuk secukupnya. Tes rasa, lalu sajikan. 

Menu ini mengandung karbohidrat dari makaroni, serat dan berbagai vitamin dari wortel. Serta protein hewain dari telurnya. Untuk telur, dapat diganti dengan protein hewani lain seperti daging sapi, ayam, udang, ataupun ikan. Selain itu, pilihan sayurannya pun dapat diganti dengan brokoli atau bunga kol. Selamat berkreasi, Moms. 

Mie labu siam 

Anak-anak senang sekali dengan variasi bentuk makanan, terutama mie. Kali ini Moms bisa coba olahan mie yang terbuat dari sayuran labu siam. Karena labu siam juga mengandung karbohidrat, bisa menjadi pengganti nasi untuk menu makanan utamanya. Berikut ini cara membuatnya: 

Bahan

1 buah labu siam ukuran sedang 

100 gram daging ayam cincang 

1 buah tomat ukuran kecil 

2 bawang merah (bisa juga pakai bawang bombay) 

Air

Garam 

Gula 

Kaldu bubuk 

Cara membuat: 

Menu ini pas disajikan saat anak merasa bosan dengan nasi sehingga labu siam bisa jadi pilihan. Kandungan nutrisi pada menu ini cukup lengkap dengan adanya protein hewani dari daging ayam. Moms bisa menggantinya dengan telur, daging sapi, atau udang. Silakan sesuaikan dengan selera. Bagaimana, Moms siap mencoba variasi menu sayuran untuk si Kecil? Selamat berkreasi di rumah!