ASI memang merupakan makanan terbaik bagi bayi. Tapi setelah si Kecil menginjak usia 6 bulan, kandungan nutrisi dari ASI sudah tak lagi mampu mengimbangi kebutuhan anak yang mengalami proses tumbuh kembang secara pesat.

Agar kebutuhan nutrisi anak tetap terpenuhi dan proses tumbuh kembangnya berlangsung optimal, Moms perlu memberikan MPASI sesuai tahapan usia. Ikuti panduan berikut supaya pemberian MPASI lancar jaya ya Moms!

Anak usia 6-9 Bulan

Menginjak usia 6 bulan, si Kecil sudah mulai mampu menggigit, mengunyah, dan melakukan gerakan rahan ke atas dan ke bawah. Ia juga sudah bisa menelan dengan mulut tertutup dan menempatkan makanan di antara rahang atas dan bawah.

Anak usia 9-12 Bulan

Pada usia ini, anak sudah bisa menggerakkan lidah ke samping kiri dan kanan serta memutar. Moms juga akan mulai melihatnya mencakupkan bibir pada pinggir cangkir, meniru gerakan orang dewasa minum dari gelas. 

Anak usia 12-23 Bulan

Menginjak usia 12 bulan, si Kecil mulai menguasai gerakan mengunyah berputar dalam posisi rahang stabil. Karenanya, Moms bisa mulai mengajari anak mengonsumsi makanan untuk keluarga, baik dengan cara makan sendiri atau dengan bantuan.

Tip untuk Moms:

^IK