Masa MPASI adalah masa yang dinantikan setiap moms. Si Kecil yang akan memasuki babak baru yakni belajar untuk makan. Usia 6 bulan adalah usia ideal,  disarankan di usia ini Moms sudah memulai proses pemberian MPASI (Makanan Pendamping ASI) di samping memperhatikan keilmuan tentang MPASI. Karena itu, sebaiknya Moms mulai menyiapkan perlengkapan MPASI yang akan membantu Moms dalam proses pemberian MPASI nanti. 

Berikut adalah beberapa peralatan MPASI yang wajib dimiliki oleh new Moms : 

Peralatan makan atau feeding set 

Feeding set adalah peralatan makan yang terdiri dari mangkuk hingga sendok dan garpu. Pilihlah feeding set yang sudah BPA free serta memiliki warna yang menarik untuk si Kecil. 

Food maker 

Food maker ini memiliki fungsi yang beragam mulai dari melunakkan makanan hingga sebagai alat pemeras jeruk. Pilihlah alat yang memiliki fungsi lengkap dan tentunya sudah BPA-free ya Moms. Harga untuk food maker ini beragam, Moms bisa menyesuaikan dengan kemampuan keuangan Moms. 

Celemek bayi 

Celemek bayi mungkin terlihat sederhana tetapi celemek bayi memiliki fungsi untuk menjaga pakaian bayi tetap bersih ketika proses makan. Pilihlah celemek yang BPA free, mudah dilipat dan tentunya terbuat dari plastik yang akan lebih mudah ketika diperlukan. 

Kontainer makanan 

Untuk persiapan MPASI, Moms harus memiliki kontainer makanan. Moms akan memerlukan kontainer makanan untuk menyimpan mpasi di tempat yang bersih. Pilihlah kontainer makanan BPA free, dan disesuaikan dengan ukuran yang Moms butuhkan. 

Panci anti lengket atau slow cooker 

Moms tim panci atau tim slow cooker? Salah satu dari dua jenis barang tersebut harus Moms miliki ketika ingin memulai proses pemberian MPASI. Tim panci atau tim slow cooker sama baiknya,  tinggal disesuaikan pada kebiasaan di rumah Moms masing-masing ya. 

Booster seat atau high chair

Booster seat atau high chair akan membantu Moms maupun bayi untuk proses pemberian MPASI ini. Keuntungan yang Moms rasakan adalah Moms tidak akan kesusahan ketika menyuapi si kecil, keuntungan untuk si Kecil adalah melatih konsentrasi dan fokus ketika makan serta membuat si Kecil lebih nyaman. Perhatikan ya Moms jika si Kecil duduk di high chair agar dia tidak terjatuh. 

Barang-barang di atas adalah peralatan yang wajib Moms miliki ketika akan memulai proses MPASI. Tentunya ada jenis barang lain yang boleh Moms tambahkan jika diperlukan.