Saat bayi memasuki usia 6 bulan atau  telah lulus ASI eksklusif,  maka anak perlu diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI), untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizinya. Pure buah bisa menjadi menu pilihan buat si Kecil, karena rasanya yang manis asam dan segar sehinga bisa meningkatkan nafsu makannya. Pemberian pure buah tidak boleh terlalu banyak karena dapat menyebabkan sembelit. Berbeda dengan orang dewasa yang harus makan banyak buah atau serat biar lancar BAB. 

Terkait MPASI pada bayi, khususnya pemberian pure, ada banyak anggapan yang masih kurang tepat terkait jenis dan bahan yang dipilih untuk kemudian diolah menjadi pure.  Mendengar kata pure, seringkali kita berpikir tentang sayur atau buah sebagai bahan utamanya, tanpa mencampurkan protein atau bahan makanan lain ke dalamnya. 

Ada anggapan juga bahwa bayi belum memerlukan beraneka jenis bahan makanan pada awal kehidupannya. Sehingga sayur dan buah dianggap sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam MPASI si Kecil. Padahal tidak seperti itu. Justru pada awal kehidupan,  atau biasa disebut 1000 hari pertama kehidupan,  anak membutuhkan lebih banyak nutrisi dari berbagai jenis bahan makanan. Terlebih protein yang merupakan bahan utama untuk mendukung pertumbuhan otak dan fisik anak. 

Salah satu buah yang bagus untuk MPASI adalah buah naga. Berikut ini resep pure buah naga untuk MPASI si Kecil. 

Bahan: 

1 buah naga ukuran kecil 

1 sdt Evoo / Butter ( untuk lemak tambahan ) 

Alat :

- Saringan

- Sendok 

- Mangkok 

Cara membuat: 

  1. Kupas buah naga.
  2. Potong kecil buah naga lalu taruh  di saringan kawat untuk kemudian dihaluskan dengan menggunakan sendok. Bersihkan bagian bawah saringan . 
  3. Sajikan dengan penuh cinta,  jangan lupa baca doa dulu ya moms. 

Oh ya Moms, sebagai informasi, setelah makan pure buah naga ini, jangan kaget ya melihat diapers anak yang agak pink. Karena kandungan warna dalam buah naga tidak bisa diserap tubuh, sehingga air urin agak sedikit berwarna merah muda . 

Di balik rasanya yang lezat, buah naga memiliki banyak manfaat kesehatan, lho Moms.  Buah naga mengandung riboflavin yang dapat membantu menjaga kesehatan mata, mencegah migrain, hingga menjaga kesehatan kulit dan rambut . Tak hanya itu, kandungan magnesium dalam buah naga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, kesehatan jantung, dan menjaga kebugaran tubuh. 

Selain itu, masih ada empat manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh, yaitu: 

- Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. 

- Membantu menurunkan risiko diabetes 

- Meningkatkan fungsi jantung. Biji hitam yang ada di dalam buah juga memiliki asam lemak omega yang cukup untuk mengurangi trigliserida dan meningkatkan fungsi kardiovaskular . -Membantu mencegah kanker.  Menurut beberapa penelitian, buah naga adalah sumber kaya kandungan Lycopene, yang memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko kanker prostat dan ovarium.  Selain itu, radikal bebas juga dapat terbunuh oleh jumlah antioksidan yang banyak dalam buah ini, sehingga membantu mencegah kanker.