Moms tentu sudah tidak asing lagi dengan buah naga. Buah berwarna merah ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Terdapat kandungan air yang tinggi, serta makro dan mikro nutrisi, seperti protein, karbohidrat, serat, fosfor, zat besi, natrium, kalium, zinc, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, dan vitamin E.

Kandungan nutrisi pada buah naga tersebut  memiliki beragam manfaat lho,  untuk kesehatan si Kecil. Salah satunya vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan bayi dan menangkal radikal bebas. 

Berikut ini resep MPASI buah naga yang bisa Moms praktikkan di rumah: 

Pure buah naga dan pisang 

Bahan : 

200 ml ASIP/ Sufor 

1 buah pisang 

50 gram buah naga 

Cara membuat: 

Bubur sumsum saus buah naga 

Bahan: 

75 gr tepung beras 

750 ml santan cair 

1 lembar daun pandan 

1/2 buah naga 

Sedikit keju parut 

Cara membuat: 

  1. Siapkan wadah, masukkan tepung beras dan santan cair, aduk hingga adonan encer dan tercampur rata (tidak ada yang menggumpal). Lalu saring sehingga tidak ada yang menggumpal. 
  2. Panaskan santan cair, masukkan daun pandan yang sudah diikat, setelah agak panas, masukkan tepung beras yang tadi sudah dilarutkan dengan santan cairnya. 

Bila bayi berusia di bawah 12 bulan, sebaiknya tidak memasukkan gula dan garam. Tambahkan garam dan gula jika usia si Kecil di atas 1 tahun. 

  1. Aduk rata adonan dengan api kecil. Usahakan tidak berhenti mengaduk agar adonan tidak gosong. Setelah adonan mengental dan meletup-letup, aduk sebentar, lalu matikan apinya. 
  2. Untuk saus buah naga: ambil buah naga kemudian haluskan menggunakan garpu, setelah itu saring dan ambil airnya. 

5.Tata bubur sumsum di dalam wadah, tambahkan saus buah naga dan keju parut sebagai topping

Meski buah naga memiliki manfaat kesehatan, namun sebaiknya tidak terlalu banyak memberi buah naga pada si Kecil karena bisa mengakibatkan diare. Oh ya, Moms, jangan heran ya, jika melihat diaper si Kecil berwarna kemerahan setelah mengonsumsi buah naga karena pewarna merah pada buah naga tidak dapat diurai di tubuh . 

Tip : Sebelum memberi MPASI buah Naga,  sebaiknya Moms memberi wadah/ alas agar tidak kena pakaian bayi.