Saat si Kecil sudah mulai mengonsumsi MPASI, Moms pasti ingin memberikan yang terbaik untuknya. Ada banyak resep MPASI yang bisa Moms coba di rumah, mulai dari yang berbahan dasar daging, buah-buahan, hingga sayuran. Nah, kali ini,  saya mengajak Moms untuk mencoba resep MPASI mudah berbahan dasar sayur.  Sayuran adalah menu sehat dan penting untuk pelengkap gizi si Kecil. Moms bisa mendapatkan sayuran ini di supermarket ataupun pasar terdekat. Yuk, langsung saja simak resep MPASI berikut ini : 

Sayur brokoli dengan minyak zaitun

Resep MPASI berbahan sayur brokoli yang dicampur olive oil atau minyak zaitun ini baik sekali untuk si Kecil. Bubur lezat yang penuh vitamin dan lemak sehat, bermanfaat untuk pertumbuhan bayi. Olahan ini juga pas untuk bayi yang baru mulai konsumsi MPASI. 

Bahan: 

2 cangkir brokoli atau sesuai selera. 

1 butir kentang putih kecil. 

1 sendok makan minyak zaitun. 

Cara membuat: 

-Potong-potong brokoli, buang batangnya. 

-Kupas dan potong kentang. 

-Kukus keduanya hingga lembek, dan kentang bisa ditusuk dengan garpu. 

-Pindahkan ke dalam blender atau food processor, tambahkan minyak zaitun. Blender hingga halus. 

-Sajikan langsung untuk si Kecil, dan simpan sisanya ke dalam kulkas. 

Resep ini bisa disimpan dalam kulkas dan bisa tahan 3 sampai 4 hari.  Sedangkan bila disimpan di dalam freezer bisa tahan selama 4 bulan. 

 

Sayur buncis dan minyak kelapa

Sama seperti minyak zaitun, minyak ini juga mengandung lemak sehat yang baik untuk ditambahkan pada bubur bayi MPASI di awal perkenalan. Lemak sehat membantu perkembangan dan fungsi otak bayi, serta memperbaiki otot yang cedera atau tegang. Memberi si Kecil MPASI dengan campuran minyak kelapa sangat baik, terutama untuk mereka yang sedang dalam masa belajar merangkak. Otot mereka pasti lebih tegang karena melakukan banyak gerakan menahan saat mulai belajar merangkak. Karenanya, resep ini pas banget, Moms. 

Bahan: 

100 gram buncis organik. 

1/2 sdt minyak kelapa organik. 

Cara membuat: 

-Kukus buncis selama 6-8 menit, atau sampai lunak. Biarkan hingga dingin, lalu pindahkan ke dalam blender. 

-Tambahkan minyak kelapa, lalu haluskan sampai benar-benar halus. 

-Tambahkan air atau ASI jika diperlukan, untuk lebih menghaluskan. 

-Sajikan, dan simpan sisanya dalam lemari es.

 

Sayur kacang polong dan timun Jepang

Resep satu ini juga kaya nutrisi. Untuk mendapatkan cita rasa lebih segar, Moms bisa menambahkan daun mint dalam resep ini. Selain lebih segar, mint juga baik untuk pencernaan dan membantu mengurangi sakit perut si Kecil. Selain itu, mint juga membantu menjaga kesadaran mental dan fokus si Kecil, serta kaya nutrisi. 

Bahan: 

2 cangkir kacang polong segar. 

1 buah timun Jepang ukuran sedang. 

4 lembar daun mint. 

Cara membuat: 

-Kukus timun Jepang yang sudah dipotong-potong, selama 5 menit. 

-Tambahkan kacang polong, kukus lagi 3-5 menit. 

-Biarkan sampai agak dingin, kemudian masukkan semua bahan ke dalam blender. -Tambahkan daun mint, lalu haluskan selama 1 menit, atau sampai mencapai tekstur yang diinginkan. 

-Tambahkan 1/4 cangkir air jika dirasa perlu. 

Untuk resep ini, Moms bisa mengganti daun mint dengan sedikit perasan lemon atau jeruk nipis. Moms bisa juga menggantinya dengan 1/2 sdt minyak kelapa, atau 1 sdt basil cincang, atau 1 sdt peterseli cincang, atau juga 1/4 sdt jahe segar. 

 

Semua resep di atas berbahan dasar sayur, dan pasti mengandung gizi baik untuk si Kecil. Moms bisa memberikannya berselang-seling setiap harinya, agar bayi tidak bosan.