Usia 6 bulan adalah waktu yang tepat untuk memberikan si Kecil makanan pendamping ASI atau biasa disingkat MPASI. Untuk MPASI pertama, saya memberikan protein hewani pada si Kecil. Mengapa pilihannya protein hewani, karena memiliki asam amino yang lebih tinggi dibandingkan protein

Berikut ini beberapa sumber protein hewani yang dapat diolah sebagai menu untuk si Kecil: 

Daging sapi 

Daging sapi merupakan sumber makanan yang kaya nutrisi. Selain protein, daging sapi juga mengandung  vitamin dan mineral yang penting bagi tumbuh kembang si Kecil. Makan daging dapat membuat tubuh si Kecil lebih padat dan tulangnya lebih kuat. Saat memilih daging sapi untuk MPASI, pilihlah potongan daging sapi has yang teksturnya lunak dan tidak berlemak.

Daging Domba 

Menurut United States Department of Agriculture, daging domba mengandung nutrisi yang lebih banyak daripada daging sapi. 

Dada ayam 

Selain daging merah, ayam juga bisa Moms pilih sebagai sumber protein hewani untuk MPASI si Kecil. Pilihlah bagian dada karena  tidak mengandung banyak lemak. 

Ikan kembung 

Selain kaya akan protein, jenis ikan yang cukup populer di Indonesia ini juga kaya omega-3 yang baik untuk meningkatkan kecerdasan si Kecil. 

Ikan nila 

Jenis ikan air tawar seperti ikan nila juga bisa Moms pilih sebagai sumber protein hewani untuk MPASI si Kecil. Menurut organisasi pangan dan pertanian sedunia, FAO, ikan ini mengandung 10 jenis asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Udang 

Selain berprotein tinggi, udang kaya akan kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang si Kecil. 

Telur 

Telur merupakan sumber protein hewani yang paling murah dan mudah ditemukan di mana-mana 

Itulah beberapa sumber protein hewani yang dapat Moms tambahkan ke dalam MPASI si Kecil. 

Lantas, apa saja manfaat protein hewani untuk si Kecil? :

Sumber zat besi 

Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke sel-sel ke seluruh tubuh dan penting untuk perkembangan otak. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan masalah belajar dan perilaku. Karena itu, penting untuk memastikan si Kecil mendapat zat besi, dari daging merah dan sumber lainnya, dalam menu MPASI-nya. 

Masalah stunting pun dapat dicegah dengan menambahkan protein hewani di menu MPASI pertama si Kecil dan seterusnya. Stunting atau permasalahan gizi kronis disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam rentang yang cukup waktu lama. 

Baca Juga : Chia Seed untuk MPASI