Apakah Moms pernah memberikan MPASI olahan telur buat si Kecil? Jika belum,  Moms wajib memasukkan bahan ini ke dalam list menu MPASI si Kecil. Telur kaya akan protein dan nutrisi lain yang sayang jika dilewatkan si Kecil. Namun, sebelum Moms membuat MPASI berbahan telur, ada baiknya Moms memerhatikan hal berikut ini : 

  1. Utamakan kuning telur 

Sebagian besar kekayaan sumber nutrisi itu di antaranya zat besi, kalsium, aneka jenis vitamin dan mineral terdapat pada bagian kuning telurnya. Maka dari itu, sebaiknya utamakan memberikan bagian tersebut untuk si Kecil. 

  1. Sajikan dalam kondisi matang 

Telur setengah matang dengan kondisi bagian kuning yang meleleh, memang begitu menggoda. Sayangnya hal ini justru dapat merugikan buat bayi. Dikutip dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), telur setengah matang dapat mengandung bakteri Salmonella. Bakteri tersebut dapat masuk ke dalam telur, melalui kulit telur yang retak. 

  1. Tidak dimasak terlalu lama 

Hindari memasak telur terlalu lama karena akan mengikis kualitas protein.Waktu terbaik untuk memastikan telur matang yakni pada waktu memasak 8-10 menit. 

  1. Jangan berlebihan 

Meskipun telur mengandung nutrisi baik sebagai menu MPASI bayi, namun pastikan Moms tak menyediakannya terus-menerus. Sebab kandungan kolesterol pada telur juga cukup tinggi,  yang berisiko meningkatkan berat badan si Kecil secara berlebihan atau obesitas. 

Setelah mengetahui hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan telur untuk MPASI , Berikut ini saya akan berbagi resep Sup Telur Ayam Kampung (8 bulan ke atas).

Bahan bubur nasi:

4 sdm nasi putih 

Air secukupnya untuk membuat bubur 

Bahan sup jagung telur: 

75 gr daging ayam cincang beku

1 bonggol jagung manis, parut 

1/2 buah wortel, parut

Daun bayam, cincang kasar

1/4 buah bawang bombay, cincang halus 

1 siung bawang putih, parut

1 butir telur ayam kampung, kocok lepas 

150 ml kaldu

Cara Membuat: 

Buat bubur nasi terlebih dahulu. Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan unsalted butter/margarin sampai harum. Tambahkan daging ayam parut, aduk sampai daging ayam berubah warna. Masukkan wortel parut, tambahkan kaldu aduk rata. Masukkan jagung parut dan daun bayam cincang, masak sampai semua bahan matang dan kaldu berkurang. Sesaat sebelum diangkat, masukkan telur yang sudah dikocok lepas sambil tetap diaduk, agar telur tidak menggumpal. Angkat dan sajikan dengan penuh cinta Ini untuk 3 kali makan ya Moms. Setelah matang,  Moms bisa bagi rata dan taruh  di wadah kedap udara, lalu masukkan ke chiller. Selamat mencoba Moms.