Pada awal pemberian MPASI, bayi disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bertekstur halus. Misalnya nasi, daging, ikan dan sayur-sayuran yang dihaluskan. Seiring berjalannya usia, Moms bisa menaikkan tekstur makanan bayi, hingga pada  umur 1 tahun, bayi sudah bisa mengonsumsi makanan keluarga. 

Untuk menghaluskan jenis-jenis makanan tersebut, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Beberapa orangtua ada yang yang menggunakan saringan kawat untuk menghaluskannya, ada pula yang menggunakan blender. Sebenarnya, bagus enggak sih MPASI diblender? 

Menurut dr. Wiyarni Pambudi, SpA, secara umum mengolah makanan dengan blender tidak merusak nutrisi dalam bahan MPASI, tapi harus diperhatikan apakah kita perlu menambah sejumlah cairan untuk memudahkan blender bekerja. Cairan yang ditambahkan akan meningkatkan volume MPASI, bubur yang dihasilkan lebih cair dan banyak. Akibatnya mungkin bayi tidak sanggup menghabiskan sejumlah porsi yang nilai gizinya setara dengan bubur kental. 

Untuk menyiasatinya, Moms bisa menambahkan cairan yang bisa berupa kuah sayur/ air kaldu sapi/ ayam, sedikit saja. Hanya sekadar untuk memperlancar kerja blender. 

Selain praktis, MPASI blender juga memudahkan kita dalam membuatnya dan menghemat waktu, apalagi bagi working mom yang dikejar waktu setiap pagi. Agar tidak bingung berikut ini ada beberapa tip memilih blender MPASI anak yang tepat. Lihat yuk Moms. 

Berfungsi sesuai kebutuhan 

Keuntungan dari blender MPASI dibandingkan dengan pengolah makanan tradisional adalah alat ini dapat melakukan lebih dari sekadar pencampuran atau penghalusan. Moms bisa memilih blender MPASI yang memiliki fungsi lain seperti mengukus, memotong, mencairkan, memanaskan kembali, bahkan membersihkan dengan sendiri. 

Aman 

Keamanan adalah fitur paling penting yang harus dimiliki oleh blender MPASI,  bebas BPA dan timbal yang dapat memengaruhi perkembangan otak dan menyebabkan perubahan perilaku pada anak kecil. Atau phthalate, bahan kimia yang dapat mengganggu hormon. 

Mudah digunakan 

Blender MPASI bayi terbaik yang bisa Moms pilih harus sangat intuitif untuk digunakan. Ada yang menggunakan panel layar sentuh ada pula yang diputar.

Tahan lama 

Di samping keamanan, blender MPASI yang tahan lama akan membuat Moms lebih sedikit khawatir tentang berbagai kecelakaan seperti pecah, terlalu panas, atau plastik yang meleleh. 

Jadi itu 4 tip dalam pemilihan Blender MPASI. Sekarang Moms enggak perlu galau lagi kalau mau membuat  MPASI yang diblender.