Kemampuan untuk minum sendiri dari gelas dikuasai anak pada umur yang berbeda-beda. Namun, biasanya keahlian ini dicapai pada rentang usia 10-16 bulan. Kemampuan ini merupakan kemampuan yang penting untuk dikuasai anak karena berhubungan dengan kemandiriannya. Lantas, bagaimana caranya mengajari anak untuk bisa minum dari gelas? Ayo disimak tipnya berikut ini, Moms! 

Mulai Sedari Dini 

Melatih anak untuk dapat minum dari gelas dapat dimulai bahkan sebelum bayi memasuki masa MPASI. Jika bayi Moms terbiasa minum ASI perah, Moms bisa menggunakan gelas berujung lancip yang disebut cup feeder atau menggunakan gelas sloki sebagai media pemberian ASIP. Letakkan ujung gelas perlahan pada bibir bayi, dan biarkan bayi menyeruput isi gelas yang dimiringkan sedikit. Jadi bayi dilatih untuk mengisap alih-alih dicekoki. Penggunaan gelas sebagai media ASIP juga akan mengurangi risiko terjadinya bingung puting. Nah, buat Moms yang anaknya tidak mengonsumsi ASIP, latihan menggunakan gelas kecil seperti ini bisa dilakukan saat anak mulai makan makanan padat dan mengenal air putih. Jika anak terlihat sudah ahli menyeruput isi gelasnya, Moms bisa mulai memberikan gelas sendiri untuk anak belajar pegang dan minum. Pilih dari bahan plastik yang tidak berbahaya jika jatuh dan tersenggol. 

Berikan Contoh

Anak adalah peniru ulung, dan orang tuanya adalah idola favoritnya. Membiasakan makan bersama-sama anak akan menjadi sarana belajar bagi anak untuk belajar adab dan cara makan yang baik. Contohkan di depan anak bagaimana Moms mengambil dan menyeruput air minum dari gelas. Lakukan dengan ekspresi gembira, agar anak tertarik untuk mencobanya.

Gelas yang Menarik 

Alat makan dan minum dengan desain yang menarik bisa memancing minat anak untuk mencobanya. Pilihlah gelas dengan warna-warna yang cerah atau yang memiliki desain tokoh kartun kesukaan anak. Moms bisa juga mengajak anak ke toko untuk memilih gelasnya sendiri. 

Gelas Anti Tumpah

Zaman sekarang, ada banyak inovasi alat makanan bayi yang sangat praktis, salah satunya adalah gelas anti tumpah. Gelas anti tumpah ini memiliki katup di bagian bibirnya, yang hanya akan terbuka jika ditekan oleh bibir atas anak ketika minum. Sehingga pas sekali untuk anak berlatih minum sendiri, karena seluruh bagian bibir gelasnya bisa diisap anak--tidak hanya di bagian tertentu seperti sippy cup. Gelas ini mirip dengan gelas biasa, hanya saja ada fitur anti tumpahnya. Jadi, bisa mengurangi insiden anak mandi air minum. Melatih anak untuk bisa minum dari gelas sendiri memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Mengepel dan mengelap tumpahan air adalah hal yang tak bisa dielakkan selama proses belajar anak. Tetap semangat dan jangan menyerah menemani prosesnya ya, Moms!