Yeayyy… Tunjangan Hari Raya (THR) turun. Moms yang sedang menanti kehadiran si Kecil ingin memanfaatkan belanja perlengkapan terbaik untuk si Kecil. Jika Moms cek di online bertebaran produk yang menjanjikan segala fungsi yang (katanya) penting bagi orang tua. Belum lagi melihat bentuknya yang lucu dengan warna yang memikat. 

Sebelum Moms tergiur membeli perlengkapan bayi baru lahir yang ternyata akhirnya hanya membuang uang, ada baiknya Moms melakukan ini: 

Berikut 10 produk untuk bayi baru lahir yang dinilai berguna, dan patut uang Moms habiskan untuk membelinya:

Bantal menyusui 

Bantal ini dirancang untuk menopang bayi saat menyusui atau menyusu. Membantu otot punggung, leher dan lengan Moms agar tidak terlalu tegang saat menyusui. Selain itu, saat bayi mulai duduk, jenis berbentuk U dapat menopang punggung dan bagian tubuh sampingnya. 

Bantal menyusui tersedia dalam berbagai bentuk, gaya, dan ukuran. Moms dapat memilih bantal yang cocok untuk Moms dan si Kecil.

Monitor bayi

Ibu dengan bayi baru lahir akan cemas sekali dengan keadaan anaknya. Ingin terus memeriksa bayinya setiap menit. Bahkan ada yang kesulitan meninggalkan bayi hanya beberapa menit. Di sinilah monitor bayi berguna dan sangat berharga. 

Monitor bayi akan memberi ‘peringatan’ saat bayi terbangun atau membutuhkan Moms. Sehingga membantu Moms tidur lebih nyenyak tanpa bangun setiap menit untuk memeriksa bayi, terutama jika bayi ditempatkan di ruangan berbeda. Harga monitor bayi memang relatif lebih mahal, tergantung pada fungsi dan portabilitasnya.

Empeng

Bayi dilahirkan dengan refleks mengisap yang kuat.  Itulah sebabnya beberapa bayi tetap rewel, meski sudah puas menyusui. Pada kondisi ini, empeng dapat menenangkan dan membantu bayi tertidur. Namun, Moms yang menyusui harus menunggu selama tiga hingga empat minggu sebelum menawarkan empeng. Buatlah rutinitas menyusui terlebih dahulu. Dan  pastikan empeng  ini steril sewaktu dipakai bayi. 

Car seat

Kursi mobil  salah satu produk bayi terpenting dan wajib dimiliki Moms, bahkan sebelum keluar dari rumah sakit dengan bayi baru lahir. Meletakkan bayi di kursi mobil adalah cara terbaik saat membawa bayi bepergian dengan mobil. Pilih car seat sesuai dengan ukuran dan usia bayi.

Pompa ASI dan botol susu

Pompa ASI, baik elektrik maupun manual, penting untuk memberikan ASI bagi si Kecil. Pompa ini membantu Moms untuk menyiapkan suplai ASI, terlebih jika Moms adalah ibu pekerja. Ada kalanya juga bayi tidak menyusu dengan baik. Dengan pompa ini ASI bisa tetap dikeluarkan, sehingga payudara tidak membengkak.

Lengkapi dengan botol menyusui. Botol ini dapat dijadikan alternatif untuk memberi susu bayi. Misalnya, Moms ingin istirahat, maka ayahnya dapat  dapat memberikan ASI melalui botol ini. 

Gendongan bayi

Ini produk yang sangat berharga untuk membantu Moms dalam menjaga bayi. Beberapa bayi sangat lengket dan ingin selalu digendong. Akan melelahkan sekali jika Moms menggendong tanpa gendongan bayi. Gendongan bayi ini membantu mengurangi ketegangan punggung dan menawarkan ruang untuk berbagai posisi menggendong. Gendongan bayi berguna juga dapat digunakan saat Moms berjalan-jalan ke luar rumah atau melakukan mobilitas di dalam rumah.  

Kain sendawa

Bayi menelan banyak udara saat menyusu. Udara harus keluar lagi pada suatu saat, terkadang keluar bersama ASI, inilah yang disebut gumoh. Kain sendawa membantu menangkap gumoh dan mencegahnya mengotori pakaian bayi dan Moms.

Pada beberapa bayi yang suka mengeluarkan air liur, kain sendawa jug berguna.  Moms bisa memakaikannya untuk menyeka air liur dan agar tidak membasahi bajunya.

Tas popok dan popok

Sejak bayi lahir hingga berusia kurang lebih tiga tahun, bayi akan selalu menggunakan popok, baik popok sekali pakai atau popok kain. Mereka akan membutuhkan pada siang dan malam hari.

Tas popok juga penting. Moms dapat menggunakannya untuk mengemas semua kebutuhan bayi saat meninggalkan rumah bersama bayi.

Baju terusan

Baju model ini sangat pas untuk bayi saat tidur. Atasan terusan dengan bukaan kancing di bagian selangkangan bayi.  Moms bisa mengganti popoknya dengan mudah tanpa banyak gerakan yang dapat membuatnya terbangun. Moms bisa memilih model lengan pendek atau panjang. Dan baju terusan ini bisa dipadu padan dengan bawahan yang stylish.  Namun, jangan beli terlalu banyak karena bayi bertumbuh dengan cepat. 

Stroller 

Kereta bayi sangat memudahkan  bagi Moms dan ayahnya untuk mengajak bayi bepergian. Moms bisa membawa bayi keluar tanpa melelahkan bayi atau ibu. Banyak jenisnya di pasaran dari berbagai merek. Tapi,  untuk kenyamanan dan keamanan bayi, setidaknya beli stroller yang memiliki fitur kereta dorong termasuk opsi berbaring, rem, sabuk pengaman, dan kompartemen untuk meletakkan barang-barang penting.