Perkembangan gerak tubuh si Kecil adalah salah satu hal yang paling menarik untuk diikuti, mulai dari ketika dia pertama kali menemukan kakinya, membalikkan tubuhnya, duduk sendiri, hingga akhirnya dia mulai bisa berpindah tempat dengan merangkak dan berlari dengan kaki-kaki mungilnya. 

Merangkak sendiri biasanya mulai terjadi pada usia si kecil 7-10 bulan. Walaupun begitu, tidak semua anak melewati fase merangkak ini, Moms. Ada yang hanya duduk, merambat, dan langsung berjalan. 

Nah, meski fase merangkak tidak termasuk ke dalam ceklis perkembangan anak menurut Denver II, merangkak memiliki banyak manfaat terutama untuk keseimbangan dan koordinasi mata dengan kaki dan tangan anak. Makanya, stimulasi bayi merangkak sebaiknya tetap dilakukan, Moms. Tidak usah bingung, Moms bisa lakukan 3 cara di bawah ini untuk stimulasi si kecil agar mau merangkak. 

Tummy Time 

Memberikan si Kecil cukup tummy time (waktu tengkurap) merupakan salah satu hal penting untuk menstimulasi kemampuan bayi merangkak. Pada saat tengkurap, bayi akan berlatih mengangkat kepalanya, memperkuat otot punggung, dan membantu anggota tubuh lainnya bergerak bebas. Ini adalah hal yang nantinya membantunya memiliki cukup kekuatan untuk merangkak. Awali waktu tengkurap 3 sampai 5 menit sebanyak dua atau tiga kali sehari. Semakin kuat otot si Kecil, Moms bisa menaikkan durasi tummy time menjadi total 40 hingga 60 menit sehari. 

Pancing Si Kecil 

Setelah menengkurapkan si Kecil, Moms bisa memancingnya dengan meletakkan mainan yang disukai di depannya. Harapannya, si Kecil akan berusaha menggerakkan ototnya untuk meraih mainan tersebut. Alternatif lainnya, Moms bisa meletakkan cermin di depan si Kecil supaya ia berusaha mendekati bayangan dirinya sendiri. 

Contohkan 

Si Kecil adalah peniru ulung. Ayo ikut turun ke lantai dan contohkan gerakan merangkak dengan ekspresi seru yang menyenangkan, Moms! Pasalnya, terkadang meski bayi ingin meraih mainan yang diletakkan di depannya, ia belum tahu caranya. Dengan memberikan contoh, bayi akan meniru dan mencoba melakukannya sendiri jika otot-ototnya telah siap. 

Nah itu dia 3 cara stimulasi bayi merangkak yang bisa Moms coba bersama si Kecil. Selamat bersenang-senang bersama! 

Baca Juga :4 Cara Stimulasi Pendengaran Bayi