Dalam kondisi medis tertentu, ada bayi yang tidak bisa meminum Air Susu Ibu (ASI) secara normal, dan begitu diberikan susu formula pengganti, kesulitan mencerna galaktosa dan intolerasi terhadap laktosa. Dalam artian, bayi Moms alergi susu sapi.

Rasanya tidak tega kan, Moms, jika buah hati tercinta kekurangan minum susu, yang tentunya bisa berdampak pada tumbuh kembangnya.

Sebagai alternatif, Moms bisa memberikan si Kecil susu  formula soya, yang terbuat dari protein kacang kedelai dan aman untuk bayi. Tapi, pemberian susu soya ini harus berdasarkan anjuran dokter ya, Moms. Periksakan dulu bayinya ke dokter anak untuk mengetahui seberapa berat kondisi alerginya.

Susu formula soya berbeda dari susu soya. Kalau susu soya terbuat dari biji kedelai, sementara susu formula soya mengandung protein nabati yang ada dalam biji kedelai. Selain itu susu soya rendah lemah jenuh, rendah gula dan rendah kalori. Juga mengandung asam lemak esensial yang diperlukan tubuh, terutama bagi pertumbuhan anak, menjaga daya tahan, mendukung daya piker dan perutnya sehat.

Karena, ASI satu-satunya yang terbaik diberikan kepada bayi hingga usia 6 bulan. Setelah itu, usia 7 bulan ke atas, hingga usia dua tahun, bayi harus mendapatkan makanan pendamping ASI (Mpasi) yang bergizi dan seimbang.

Berikut ini, 5 merek susu formula soya, yang bisa jadi pertimbangan diberikan kepada bayi yang mengalami alergi susu sapi.

1. Susu soya dari Bebelac: Gold Soya, yang mengandung isolate protein soya, 13 vitamin dan 9 mineral termasuk kalsium yang membantu pembentukan dan pertahankan kepada tulang anak. Susu ini diformulasikan untuk anak di atas usia 1 tahun, merupakan inovasi terbaru dari Nutricia, untuk mendukung daya piker, pencernaan dan tumbuh kembang anak secara optimal.

Harga dari Bebelac Gold Soya ini ada 2.

Bebelac Gold 360 gram dijual dengan harga Rp 72 ribu dan Bebelac Gold Soya 700 gram dijual dengan harga Rp 134 ribu.

2. Morinaga Soya

Susu formula soya untuk anak berbagai usia. Ada 2 jenis yang dibedakan berdasarkan usia.

3. Nutribaby Royal Soya

Mengandung nutrisi berupa karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral tanpa penambahan sukrosa maupun laktosa. 

Untuk bayi berusia 0 sampai 6 bulan. Sedangkan untuk usia 6 sampai 12 bulan adalah Nutribayby Royal Soya 2. Untuk ukuran 350 gram, dihargai sebesar Rp 98 ribu per kemasan.

4. SGM Ananda Soya

Susu formula soya dari SGM ini, terdiri dari dua label untuk tahapan bayi, dari usia 0 – 6 bulan dan 6 sampai 12 bulan adalah SGM Ananda Soya, dengan harga Rp 38 ribu per kemasan.

Sedangkan untuk tahapan kedua, anak usia 1 sampai 5 tahun, dapat mengkonsumsi susu formula soya, SGM Eksplor Soya.

5. Isomil Advance Soya

Isomil Advance soya ini mengandung protein kedelai, kalsium, kombinasi AA dan DHA, taurin serta kolin.

Untuk bayi usia 0 – 12 bulan, dapat meminum susu formula soya, Isomil Advance soya, yang ukuran kaleng 850 gram dijual dengan harga mulai dari 245 ribu.

Bagaimana Moms, dengan rekomendasi susu formula soya untuk bayi yang alergi susu sapi. Semoga cocok dengan buah hati tercinta ya.