Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar untuk tumbuh kembang anak yang optimal, Moms. Membangun rutinitas sebelum tidur yang menyenangkan, bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tidur si Kecil.

Tahukah Moms, penelitian yang dilakukan terhadap 385 anak di bawah usia 3 tahun di 5 kota di Indonesia menemukan baha 44,2% dari 385 anak yang diteliti mengalami gangguan tidur. Jadi, gangguan tidur tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tapi juga pada si Kecil, Moms.

Gangguan tidur dan dampaknya

Bila tidur malam si Kecil kurang dari 9 jam, kerap terbangun pada malam hari lebih dari 3 kali, dan lama terbangun pada malam hari lebih dari 1 jam, itu pertanda si Kecil mengalami gangguan tidur, Moms.

Si Kecil yang mengalami gangguan tidur biasanya ditunjukkan dengan gejala gelisah, seperti perubahan emosi dan tingkah laku. Jika Moms mendapati perubahan emosi si Kecil, misalnya jadi gampang menangis (cengeng) atau emosional, kemungkinan itu pertanda dia kurang tidur, Moms. 

Kurang tidur pada si Kecil  tidak bisa dipandang  sepele atau diremehkan, Moms. Mengapa? Karena bisa memengaruhi tumbuh kembangnya, seperti gangguan pertumbuhan, gangguan perkembangan kognitif hingga perilaku sehari-hari..

Buat rutinitas sebelum tidur

Bayi Susah Tidur

 Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab anak sulit memejamkan mata di malam hari, salah satunya lingkungan yang kurang nyaman, Moms. Bagaimana mengatasinya? Cobalah tip di bawah ini, Moms:

Usahakan untuk membuat kamar tidur atau suasana tidur yang nyaman bagi si Kecil, Moms. Misalnya, memerhatikan temperatur pendingin udara supaya tidak terlalu dingin atau panas dan menyiapkan selimut yang bersih. Hindari menyalakan lampu yang terlalu terang di area kamar tidurnya agar ia mudah terlelap.

Moms bisa menetapkan waktu tidur si Kecil dan cobalah untuk mematuhinya. Hal ini bisa membantu si Kecil untuk memahami waktu tidurnya, Moms. Bentuk dan buat lingkungan yang mendukung si Kecil untuk tidur tepat waktu. Misalnya, membacakan buku cerita atau menyalakan lampu tidur, satu jam sebelum waktu tidur.

Salah satu rahasia agar si Kecil dapat tidur nyenyak adalah tubuh yang bersih. Sebelum tidur, Moms juga bisa terlebih dahulu membersihkan tubuh si Kecil. Kemudian balurkan bedak bayi yang lembut dan memiliki aroma yang menyamankan sehingga si Kecil mudah terlelap, seperti MY BABY Powder Telon Plus.

MY BABY Powder Telon Plus adalah bedak bayi pertama di Indonesia yang memiliki keharuman khas telon dengan formula yang lembut dan nyaman di kulit bayi. MY BABY Powder Telon Plus dengan formulanya yang mild juga teruji klinis tidak menimbulkan iritasi pada kulit sehingga tidur si Kecil tidak terganggu.

MY BABY Powder Telon Plus, bedak bayi dengan keharuman minyak telon khas MY BABY yang menyamankan bayi.