Memandikan bayi baru lahir atau pun yang berusia di bawah 3 bulan,  memerlukan kehati-hatian ya, Moms. Risiko licin yang dapat menyebabkan bayi terlepas dari tangan  atau mandi membuat si Kecil kedinginan dan kulitnya iritasi, menjadi kekhawatiran Moms.

Tak hanya khawatir terjadi ‘kecelakaan’ kecil saat memandikan bayi, sejumlah pertanyaan juga kerap muncul, seperti seberapa sering bayi harus mandi?  Kapan waktu yang tepat untuk memandikan bayi, dan lainnya.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, beberapa hal yang perlu Moms ketahui tentang memandikan bayi:

Durasi dan waktu memandikan bayi

Pada bayi baru lahir, Moms tidak perlu memandikan bayi setiap hari. Tiga kali seminggu cukup, Moms. Area yang perlu Moms perhatikan adalah kebersihan wajah, leher dan area popok.

Moms bisa memilih pagi hari atau jelang waktu tidur untuk memandikan bayi. Beberapa Moms memilih untuk mandi di pagi hari agar si Kecil tampak segar memulai hari. Sementara Moms yang lain memilih memandikan bayi pada sore atau malam hari jelang ritual sebelum tidur yang menenangkan.

Cara memandikan bayi

Bila si Kecil belum lepas tali pusar, Moms bisa mengelap kulit bayi dengan spons lembut. Biasanya tali pusar akan terlepas sekitar dua minggu setelah si Kecil lahir.

Jika si Kecil sudah lepas tali pusar Moms bisa menggunakan bak plastik untuk memandikan si Kecil. Isi bak dengan air hangat. Suhu air mandi si Kecil berkisar 38 derajat Celcius.

Gunakan lengan Moms yang tidak dominan untuk menopang kepala dan leher si Kecil, dan lengan lainnya untuk memegang dan membimbing tubuh si Kecil ke dalam air. Masukkan kaki terlebih dahulu baru badannya. Lanjutkan menopang kepala dan punggung si Kecil sesuai kebutuhan.

Untuk menjaga suhu tubuh si Kecil tetap hangat, Moms bisa mengaliri air hangat ke tubuhnya selama mandi. Pastikan Moms menggendong si Kecil dengan aman selama mandi.

Bersihkan terlebih dulu wajah si Kecil, kemudian turun ke bagian tubuh yang lebih kotor, seperti ketiak, tangan,  lipatan paha, tubuh dan kaki.

Mandikan si Kecil dengan lembut dan ajak dia bicara selama mandi, agar si Kecil merasa nyaman dan tidak menangis.

Lembut dan wangi yang menenangkan

Cara Memandikan Bayi

Selesai mandi, angkat bayi dari bak dan segera keringkan dengan handuk halus sambal menepuk- nepuk badannya dengan lembut. Setelah badan  si Kecil kering, balurkan bedak yang diformulasikan untuk bayi, seperti MY BABY Powder Telon Plus, untuk menjaga kelembutan dan kelembapan kulit si Kecil.

Kandungan Citronella Scent pada MY BABY Powder Telon Plus bermanfaat untuk memberikan aroma alami yang menenangkan dan membuat si Kecil merasa nyaman.

MY BABY Powder Telon Plus adalah bedak bayi pertama di Indonesia yang memiliki keharuman khas telon. Formulanya yang mild telah teruji klinis tidak menyebabkan iritasi, lembut dan nyaman di kulit si Kecil. Butiran halus pada MY BABY Powder Telon Plus mampu melembutkan dan menjaga kelembapan kulit halusnya.

MY BABY Powder Telon Plus, bedak bayi dengan keharuman minyak telon yang menyamankan si Kecil.