Pada usia  3 bulan hingga 18 bulan, si Kecil sudah tidak terlalu ringkih untuk dimandikan. Moms juga sudah mulai terbiasa memandikannya. Ada beberapa hal yang perlu Moms ketahui tentang memandikan bayi di usia ini.

Usia 3 hingga 18 bulan, si Kecil sudah bisa dimandikan di bak mandi atau bath tub  berukuran besar, sehingga Moms juga bisa mandi bersamanya. Meski badan si Kecil sudah cukup besar dan mampu duduk dan berdiri baik, jangan sekalipun membiarkan ia ditinggal sendirian di bak mandi, walaupun hanya sekejap. Risiko anak tenggelam bisa terjadi, meski di air yang dangkal. 

Berikut beberapa hal penting dalam memandikan si Kecil yang berusia 3 hingga 18 bulan: 

Baca Juga : Cara Aman Memandikan Bayi Baru Lahir

Waktu mandi bayi: seberapa sering?

Kapan waktu tepat memandikannya?

Moms dapat memandikan si Kecil kapan saja sepanjang hari. Sebaiknya pilih waktu saat Moms santai dan tidak akan terganggu. Cobalah untuk tidak memandikan si Kecil saat mereka lapar atau langsung setelah menyusu.

Jika mandi membuat si Kecil yang masih bayi merasa relaks, Moms dapat menggunakannya sebagai cara untuk menenangkan si Kecil di malam hari. Beberapa bayi tidur lebih lama setelah mandi malam.

Step by step memandikan 

Si Kecil sudah bisa dimandikan di bak mandinya atau bath tub keluarga.  Berikut adalah langkah-langkah dasar untuk memandikan si Kecil yang berusia 3 bulan hingga 18 bulan: 

Bayi Moms mungkin akan mencoba menarik diri atau berdiri di bak mandi. Jadi berhati-hatilah terhadap kemungkinan gerakan mendadak ini. Pastikan Moms  memegangnya agar si Kecil tidak tergelincir. 

Usahakan pula Moms untuk meminimalkan penggunaan sabun, sampo, dan mandi busa, karena justru dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan ruam bagi si Kecil. Pembersih non-sabun ringan adalah alternatif yang baik ya, Moms.