Meski sudah jelas tertera, tapi setiap produsen atau perusahaan pembuat produk perawatan bayi ini terkadang memiliki istilah ilmiah atau bahasa marketing yang mungkin sulit Moms mengerti, Tak jarang pula beberapa produsen menggunakan istilahnya sendiri.  

Nah, untuk memandu memahami tentang arti sebenarnya dari pelabelan produk, berikut penjelasan beberapa istilah paling umum yang akan Moms lihat dalam label produk perawatan bayi:

Produk tersebut dimaksudkan dapat menghancurkan atau menghambat pertumbuhan bakteri.

Maksudnya produk itu bebas dari etanol atau etil alkohol. Alkohol biasanya digunakan dalam produk perawatan kulit dewasa agar cepat kering dan terasa ringan di kulit. Namun untuk bayi, alkohol bisa sangat mengeringkan dan dapat mengiritasi kulit si Kecil, sehingga tidak boleh digunakan dalam produk perawatan kulitnya.Tapi mungkin pada beberapa produk tertulis  Cetearyl alcohol. Ini aman, kok, Moms. Ini adalah salah satu alkohol lemak yang mungkin tercantum dalam bahan tisu bayi. 

Ini artinya zat yang terbuat dari atom atau molekul, baik buatan manusia maupun alami. Jadi, semua bahan produk adalah bahan kimia.

Maksudnya produk perawatan si Kecl itu berarti "diuji pada kulit". Tes tidak harus dilakukan oleh dokter atau dokter kulit, tetapi mungkin telah diperiksa melalui tes pada orang yang memenuhi syarat secara medis.

Ini maksudnya produk itu memiliki kecil kemungkinan menyebabkan reaksi alergi.

Artinya produk itu kemungkinannya kecil dapat  menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Ini berbeda ya Moms dengan reaksi alergi.

Klaim ini berarti tidak ada bahan yang ditambahkan untuk memberikan aroma tertentu. Jika bayi Moms memiliki kulit yang sehat, produk beraroma ringan atau bebas pewangi bisa menjadi pilihan. Tapi, batasi penggunaannya. Lain halnya, jika bayi Moms memiliki kulit kering atau menderita eksim. Ini wajib hindarkan semua produk yang mengandung pewangi, termasuk dari wewangian alami, seperti minyak esensial atau ekstrak tumbuhan. Produk alami mungkin terdengar lembut, tetapi belum tentu lebih aman dan teruji.

Label itu ingin mengatakan bahwa produknya itu adalah suatu zat yang berasal dari alam. Tapi perlu Moms ketahui bahwa bahan alami belum tentu lebih sehat atau lebih aman. Misalnya, nikotin dan arsenik adalah zat alami juga, lho

Istilah tersebut sering digunakan untuk menyatakan bahwa produk terkait diproduksi tanpa pestisida maupun rekayasa genetika. The Soil Association mengatakan produk sebagai organik jika mengandung lebih dari 95 persen bahan yang diproduksi secara organik. 

Untuk Moms ketahui, ini umumnya berarti produk memiliki pH yang mendekati pH kulit yang sehat, yaitu sedikit asam pada sekitar pH 4,5 hingga pH 5,5.

Produk perawatan bayi Moms itu berarti produk  yang memiliki pH sekitar 7.

Adalah bahan ditambahkan untuk melindungi produk dan pengguna dari kontaminasi kuman selama penyimpanan dan penggunaan. 

Ini artinya produk itu bebas dari sabun atau bahan kimia lain yang memiliki tingkat pH basa, yaitu pH8 atau lebih. Sabun dan pH basa bisa mantel kulit pelindung bayi bisa terkikis. Untuk memberikan daya perlindungan harusnya mantel kulit bayi Kecil Moms mendekati asam (pH 5,5) 

Ini istilah yang kadang-kadang dipakai untuk menunjukkan suatu produk dekat dengan keasaman kulit yang sehat bagi bayi Kecil Moms. Namun, ini tidak menjamin produk tersebut memiliki pH seimbang atau pH netral.

Moms biasakan untuk mengetahui arti atau maksud beberapa istilah yang digunakan pada label produk. Karena ini akan membantu sekali bagi Moms dalam membuat pilihan yang tepat untuk produk perawatan bayi Moms. 

^IK